Kreatif! Mahasiswa UNNES Buat Sabun Spray Antibakteri dari Limbah Semangka

Alluris spray dirancang untuk memberikan pengalaman relaksasi tubuh tanpa perlu dibilas.

Selasa, 26 September 2023 | 18:04 WIB - Didaktika
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) menciptakan sabun spray antibakteri. Yang menarik adalah produk ini diciptakan dari limbah semangka.

Adalah Mariha Zulfa Risana (FMIPA), Hanina Humaira (FEB), Gina Mulyani (FMIPA), serta Deby Maghfira Prameswari (FMIPA) yang menciptakan produk tersebut. Tim PKM-K ini dibimbing oleh Dr. Harjono, S.Pd., M.Si.  

BERITA TERKAIT:
Kreatif! Mahasiswa UNNES Buat Sabun Spray Antibakteri dari Limbah Semangka
Lolos Pendanaan PKM, Unwahas Semarang Harus Rutin Riset
UPGRIS Lolos 22 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2023
Tim PkM FTP USM Kenalkan Limbah Rambut Jagung Bisa Jadi Agar-Agar Sehat
Tim PkM FE USM Beri Alat Sealer dan Vacuum Bagi Pelaku Usaha GETAIGA

Ide ini dilatarbelakangi dari banyaknya limbah cair domestik, terutama limbah buah-buahan. Mereka lantas berkeinginan menciptakan produk dari limbah cair yang dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. 

Inovasi yang dikembangkan adalah sabun spray antibakteri ramah lingkungan yang dinamai “Alluris Spray”. Sabun antibakteri ini terbuat dari nanopartikel perak dan limbah daging putih semangka

Alluris Spray dirancang untuk memberikan pengalaman relaksasi tubuh tanpa perlu dibilas. Penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan cara menyemprotkan sabun ke bagian tubuh lalu mengusapnya. 

"Produk ini sangat cocok untuk semua usia dan profesi, terutama yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak sempat untuk membersihkan diri," kata Ketua Tim, Mariha Zulfa Risana.

Hanya dengan Rp 20.000,- untuk 60 ml, dan Rp. 35.000,- untuk 150 ml, masyarakat sudah mendapat Alluris Spray dengan pilihan varian original, bubble gum, dan black opium. Meskipun dengan harga yang terjangkau, tim PKM-K optimis usaha ini akan mencapai titik impas (BEP) dan menghasilkan keuntungan yang signifikan. 

Saat ini mereka juga sedang melakukan tahapan produksi, pemasaran, penjualan dan evaluasi. Dengan produk tersebut, tim PKM-K ini berhasil meraih pendanaan sebesar Rp9.000.000,00 dari Kemenristekdikti. 

Harapan besar tim adalah agar inovasi mereka dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, mengatasi masalah lingkungan terkait limbah cair domestik, dan organik, serta meningkatkan keterampilan berwirausaha. 

Mereka berharap, Alluris Spray tidak hanya meraih kesuksesan hingga Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), tetapi juga berlanjut menjadi brand yang dikenal oleh masyarakat luas.

***

tags: #pkm #unnes #limbah #sabun spray #semangka

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI