Megawati Terima Gelar HC ke-10 di Malaysia

Penganugerahan gelar doktor kehormatan ini merupakan pengakuan atas kontribusi Ibu Megawati di bidang sosial hingga penelitian.

Senin, 02 Oktober 2023 | 11:07 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Kuala Lumpur - Presiden ke-5 RI Prof. Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri menerima gelar doktor kehormatan di bidang Ilmu Sosial dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Selangor, Malaysia. Megawati yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PDIP ini bertolak ke Kuala Lumpur, Senin (2/10/2023).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menerangkan bahwa usai penutupan Rakernas IV, Megawati berkunjung ke Malaysia untuk dua kegiatan utama yakni menerima gelar doktor kehormatan dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) dan bertemu dengan PM Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim.

BERITA TERKAIT:
Megawati Kirimkan Surat Sahabat Pengadilan kepada MK, Begini Isinya
Megawati Sebut Hukum saat Ini Mudah Dipermainkan
Jadi Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo, Segini Harta Kekayaan Mahfud Md
Alasan Megawati Pilih Mahfud MD Jadi Cawapres Dampingi Ganjar Pranowo
Megawati Sebut Mahfud Md Miliki Pengalaman Lengkap

"Ini menjadi gelar doktor kehormatan ke-10 bagi Ibu Megawati. Mas Tatam (sapaan M. Rizki Pratama) dan Mbak Puan (panggilan akrab Puan Maharani) serta cucu Ibu Megawati turut ikut," kata Hasto, Senin.

Penganugerahan gelar doktor kehormatan ini, kata dia, merupakan pengakuan atas kontribusi Ibu Megawati di bidang sosial, pendidikan, inovasi dan penelitian.

"Ibu Megawati memang memberikan perhatian yang menyangkut sosial, pendidikan, inovasi dan penelitian. Lahirnya lembaga Badan Riset dan Inovasi Nasional adalah hasil diskusi panjang Ibu Megawati dan Presiden Jokowi. Ibu Megawati sering berdiskusi dengan Presiden Jokowi mengenai permasalahan bangsa dan negara, salah satunya soal penelitian atau research, serta penuntasan stunting," ujar Hasto.

Hasto menyebut keluarga besar PDIP bangga atas pengakuan kalangan kampus termasuk dari luar negeri terhadap Megawati.

Anggota DPR yang hadir bersama Puan antara lain: Diah Pitaloka, Charles Honoris dan Mufti Aimah Nurul Anam.

Dalam prosesi penerimaan gelar doktor, sejumlah profesor ikut mendampingi Megawati yaitu Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, Wakil Ketua BRIN Prof. Amarulla Octavian, mantan Menteri ESDM periode 2000–2009 dan Menteri Pertahanan periode 2009-2014 Prof. Purnomo Yusgiantoro, serta mantan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2001-2004 Prof. Rokhmin Dahuri.

***

tags: #megawati #doktor honoris causa #malaysia #ketua umum pdip

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI