Mahfud MD Nyatakan Syahrul Yasin Limpo Sudah Ditetapkan Tersangka 

Mahfud mengaku dirinya sudah lama mendapat info dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), namun ia enggan membeberkan mengenai kasus tersebut. 

Rabu, 04 Oktober 2023 | 12:52 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebutkan bahwa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat ini sudah ditetapkan tersangka. 

Mahfud mengaku dirinya sudah lama mendapat info dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), namun ia enggan membeberkan mengenai kasus tersebut. 

BERITA TERKAIT:
Ganjar Pranowo Deklarasi sebagai Oposisi Pemerintah: Saya Tak akan Gabung tapi Tetap Menghormati 
Gugat Hasil Pilpres, Ganjar: Kami Menolak Penghianatan Terhadap Reformasi
Tim Kuasa Hukum Ganjar-Mahfud Sebut Terjadi Pelanggaran Prosedur di Setiap Tahapan Pilpres
Tiba di MK, Ganjar-Mahfud Hadiri Sidang Perdana Sengketa Hasil Pilpres 2024 
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Ikuti Sidang Perdana PHPU Presiden di MK

"Bahwa dia sudah tersangka, ya saya sudah dapat informasinya. Malah sejak kalau eksposnya itu sudah lama tahu tersangkanya, tetapi resminya tersangkanya itu sudah dikeluarkanlah," kata Mahfud di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/10).

Soal keberadaan Syahrul, Mahfud mengaku tidak tahu. Dia yakin Syahrul tidak hilang begitu saja.

Mahfud juga enggan berspekulasi Syahrul sedang menghindari proses hukum. Dia memilih untuk mengamati proses yang sedang berlangsung.

"Belum, belum, belum menduga (Syahrul menghindari proses hukum) karena ini kan baru bisa diduga kalau sudah dikatakan DPO (daftar pencarian orang) oleh aparat. Ini kan belum DPO. Kita tunggu informasinya," ujarnya.

KPK sebelumnya menggeledah rumah dinas Syahrul di kompleks perumahan menteri, Widya Candra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023). Dalam penggeledahan ini, penyidik lembaga antirasuah mengamankan uang puluhan miliar rupiah dan mata uang asing. Selain uang, penyidik menemukan dan mengamankan 12 pucuk senjata api. 

Kendati demikian KPK secara resmi belum menyatakan Syahrul sebagai tersangka.  

***

tags: #mahfud md #menkopolhukam #menteri pertanian #syahrul yasin limpo #kpk

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI