Pj Gubernur Jateng akan Datangkan Helikopter Water Bombing untuk Percepat Pemadaman TPA Jatibarang 

Helikopter yang bersisi water bombing itu rencananya akan tiba di Kota Semarang pada Senin, 9 Oktober 2023.

Minggu, 08 Oktober 2023 | 22:40 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - kebakaran TPA Jatibarang Kota Semarang menjadi perhatian serius Pemprov Jawa Tengah. Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana langsung meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengirimkan helikopter water bombing untuk mempercepat pemadaman. 

helikopter yang bersisi water bombing itu rencananya akan tiba di Kota Semarang pada Senin, 9 Oktober 2023. Sedangkan pemadamannya dimulai pada Selasa, 10 Oktober 2023. 

BERITA TERKAIT:
Korsleting Sakelar TV, Rumah Huni di Semarang Terbakar
Polisi Tetapkan Seorang Pedagang sebagai Tersangka Kebakaran Pasar Ngawen Blora 
Kebakaran Landa Tiga Pabrik di Kalideres, 95 Personel Dikerahkan
Kebakaran Landa Sebuah Kontrakan di Cengkareng, Kerugian Capai Rp40 Juta
2,16 Ton Beras Bantuan dari Pemerintah Ludes dalam Kebakaran Aula Balai Desa Sarirejo Kendal 

"Kendalanya, ini cukup luas. Kemudian kendalanya akses masuk ke tempat lokasi kebakaran. Makanya mau tidak mau, kita harus menggunakan heli water bombing," kata Nana saat meninjau pemadaman TPA Jatibarang, Semarang, pada Minggu, 8 Oktober 2023 malam. 

Nana mengatakan, akses ke lokasi kebakaran TPA Jatibarang menjadi kendala dalam upaya pemadaman. Tak pelak, pemadaman itu membutuhkan  penggunaan helikopter yang berisi water bombing

Dia menyebut, area yang terbakar cukup luas,  yakni sekira lima hektare meliputi tiga hektar di zona 3 dan dua hektare di zona 4  TPA tersebut.

Dikatakan dia, sebanyak 150 - 200 personel melakukan upaya pemadaman setiap hari di TPA Jatibarang. Personel itu dari unsur pemadam kebakaran, BPBD, TNI/ Polri dan relawan. Mereka bekerja 24 jam setiap hari. 

Di sekitar lokasi kebakaran, dapur umum juga disiapkan untuk mememuhi kebutuhan logistik petugas. 
Truk tanki air juga disiapkan di lokasi, agar mobil pemadam kebakaran tidak perlu mondar mandir mengambil air. Saat ini api saat ini sudah mulai mengecil dan asap juga sudah sangat berkurang.

"Langkah-langkah (pemadaman) ini sudah berjalan. Api sudah mulai mengecil walaupun titik-titiknya masih cukup banyak," kata dia.  

Terkait kerugian materi, Nana menyebut terjadinya kebakaran TPA membuat tiga anak sapi mati. Pihaknya akan membicarakan mengenai bantuan yang bisa diberikan kepada peternak, dengan Pemerintah Kota Semarang. "Ini nanti akan kita bicarakan bantuan ke peternak," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, kabakaran yang terjadi di TPA Jatibarang pada Jumat, 6 Oktober 2023 menimbulkan asap tebal. Asap tersebut sampai ke pemukiman warga sekitar.


 

***

tags: #kebakaran #tpa jatibarang #helikopter #water bombing #pj gubernur jawa tengah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI