Diduga Gesekan Rumput, Gunung Ungaran Terbakar

Penyebab kebakaran belum diketahui.

Jumat, 13 Oktober 2023 | 08:23 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Ungaran - Kejadian kebakaran lahan dan hutan terjadi di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kali ini salah satu bagian hutan yang berada di Gunung Ungaran mengalami kebakaran pada Kamis, 12 Oktober 2023. 

Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra mengkonfirmasi atas kejadian yang diperkirakan diketahui pertama kali sekitar pukul 17.50 Wib.

BERITA TERKAIT:
Kebakaran Hanguskan Kantor Sudin Kesehatan Jakpus
Kebakaran Hanguskan Gudang Perabotan di Jalan Tugu, Lima Orang Tewas
Kebakaran Hanguskan Enam Kios di Kawasan Terminal Kampung Rambutan
Kebakaran SPBU di Pati, Satu Orang Tewas Terjebak Dalam Mobil 
Kebakaran Hanguskan Sebuah Toko Elektronik di Jaktim, Kerugian Capai Rp150 Juta

"Betul telah terjadi kebakaran hutan di salah satu bagian di Gunung Ungaran, lokasinya masuk wilayah Desa Candi, Kecamatan Bandungan,” kata AKBP Oka.

KaPolsek Bandungan Iptu Jarot Drihandoko menyampaikan bahwa Polsek Bandungan mendapat laporan dari Kades Candi sekitar pukul 17.50 Wib petang. 

"Untuk lahan yang terbakar merupakan wilayah hutan Gunung Ungaran, bukan lahan produktif milik warga bahkan lokasinya jauh dari lahan milik warga. Desa terdekat dengan titik api yaitu Dusun Darum Desa Candi Kecamatan Bandungan. Info dari warga sekitar akses ke titik api hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki karena lokasi berada di lereng yang curam atau jurang, serta memakan waktu untuk sampai ke lokasi yang berjarak kurang lebih tiga kilometer,” jelasnya. 

Pihaknya mengatakan sudah berkoordinasi dengan BPBD dan Damkar Kabupaten Semarang perihal kebakaran tersebut, sehingga apabila arah api menuju ke pemukiman warga, dapat langsung mendapat pencegahan. 

Adapun penyebab timbulnya api, Polres Semarang maupun Polsek Bandungan belum bisa memastikan. Mengingat jarak dan akses yang jauh dari pemukiman, dimungkinkan berasal dari gesekan rumput ilalang yang kering terkena panas suhu matahari. 

“Sekitar pukul 22.00 Wib, Polsek Bandungan dibantu Polsek Sumowono, Personil Koramil Bandungan, BPBD dan warga sekitar memantau dari Dsn. Darum bahwa titik api sudah padam. Namun kami masih bersiaga disini dengan terus berkomunikasi serta koordinasi dengan Dusun dusun sekitar, guna saling menginfokan perkembangan selanjutnya,” tandas dia.

***

tags: #kebakaran #lahan #jawa tengah #polsek bandungan #kabupaten semarang

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI