Pj Bupati Banyumas Apresiasi Terselenggaranya Gerakan Pangan Murah

Diakui Hanung antusiasme masyarakat untuk membeli komoditas pangan yang dijual dalam Gerakan Pangan Murah, sangat tinggi.

Minggu, 15 Oktober 2023 | 20:40 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Purwokerto- Penjabat Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengapresiasi terselenggaranya Gerakan Pangan Murah, yang digelar di Komplek Gelanggang Olahraga Satria Purwokerto, Minggu (15/10) pagi.

Gerakan Pangan Murah tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia Tahun 2023, yang sedianya digelar Senin (16/10) besok.

BERITA TERKAIT:
Pj Bupati Banyumas Apresiasi Terselenggaranya Gerakan Pangan Murah
Peringati Hari Pangan Sedunia, Pemkab Banyumas Adakan Gerakan Pangan Murah
Pj Bupati Banyumas Hadiri Seminar Nasional Big Data
Hanung Lepas Kontingen MAPSI Banyumas
Achmad Husein Lakukan Serah Terima Jabatan kepada Pj Bupati Banyumas

Menurut Hanung adanya Gerakan Pangan Murah itu membantu masyarakat khususnya warga miskin dalam memperoleh beras dengan harga terjangkau. 

Pemkab Banyumas bersama Perum Bulog Cabang Banyumas, sambung Hanung juga telah mendistribusikan cadangan beras pemerintah untuk kegiatan operasi pasar sebagai upaya pengendalian gejolak kenaikan harga beras di pasaran. Selain itu acara tersebut juga bisa untuk menstabilkan harga.

Diakui Hanung antusiasme masyarakat untuk membeli komoditas pangan yang dijual dalam Gerakan Pangan Murah, sangat tinggi karena banyak komoditas yang sudah habis terjual. "Saya datang ke sini ternyata sudah habis," ucapnya. 

"Itu saya pikir kontribusi teman-teman Bulog, BI (Bank Indonesia), kemudian ada RNI, PPI, Pinsar, Petelur Banyumas, BUMP, dan sebagainya untuk bersinergi dalam konteks bagaimana kemudian harga-harga pangan di Banyumas itu bisa terkendali," ungkapnya.

Terkait beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang dijual dalam kegiatan tersebut, dia mengatakan Perum Bulog Cabang Banyumas menjualnya dengan harga Rp10.200 per kilogram atau lebih murah dari beras SPHP yang dijual di pasar.

Beras SPHP di pasar, sambungnya dijual ke konsumen dengan harga sebesar Rp10.900/kg karena penjualannya melalui pedagang. "Karena beras SPHP ini dijual ke konsumen secara langsung, maka harganya Rp10.200/kg," jelas Hanung didampingi Pimpinan Cabang Perum Bulog Banyumas Rasiwan.

Adanya Gerakan Pangan Murah tersebut, diakui oleh seorang warga, Darus sangat membantu karena menyediakan komoditas pangan seperti beras dengan harga terjangkau.

Menurut warga Kelurahan Karangpucung Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas itu, harga eceran beras kualitas medium di warung mencapai Rp14.000/kg dan harga grosir sebesar Rp13.500/kg, namun dalam kegiatan itu hanya sebesar Rp10.200/kg.

"Cuma sayangnya lokasinya jauh. Saya berharap kegiatan ini dapat digelar secara rutin di tempat-tempat yang terjangkau masyarakat," tutupnya.
 

***

tags: #pj bupati banyumas #gerakan pangan murah #hari pangan sedunia #kabupaten banyumas

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI