Membanggakan! MAN 2 Banyumas Raih Medali Emas di Kompetisi Internasional WYIIA 2023

Berlangsung pada 10 - 14 Oktober 2023 di Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, acara ini diikuti oleh 387 tim dari 17 negara.

Selasa, 17 Oktober 2023 | 10:17 WIB - Didaktika
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Banyumas - Sebuah prestasi membanggakan ditorehkan oleh sejumlah siswa dari MAN 2 Banyumas. Tim riset dari madrasah tersebut berhasil meraih medali emas di ajang the World Youth Invention And Innovation Award, (WYIIA) 2023 untuk kategori Social Science.

Tim riset ini terdiri dari empat orang siswa, di antaranya Cantika Abhinaya Zayyan dan Safara Sabilatul Khudaibiyyah (kelas XII IPS I), serta Fathan Nadhif Atarahman dan Shiffa Luthfianie Ibrahim (kelas X Riset).

BERITA TERKAIT:
Bongkar Judi Online di Banyumas, Polisi Tangkap 11 Tersangka
Mengintip Kemeriahan Festival Balon Udara 2024 di Banyumas
Empat Calon Jemaah Haji asal Banyumas Tunda Keberangkatan ke Tanah Suci
Bulog Mulai Serap Gabah dan Beras Hasil Panen Petani di Eks Karisedanan Banyumas
Bawa Sajam Diduga untuk Tawuran, Seorang Pelajar di Wangon Banyumas Ditangkap Polisi

WYIIA 2023 sendiri merupakan ajang kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh The Indonesian Young Scientists Association (IYSA). Berlangsung pada 10 - 14 Oktober 2023 di Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, acara ini diikuti oleh 387 tim dari 17 negara.

Ke-17 negara yang mengikuti ajang WYIIA 2023 antara lain: Puerto Rico, Kazhakstan, Thailand, Romania, Republik Korea, Malaysia, Mexico, Amerika Serikat, Iran, Nepal, Timor Leste, UEA, Turkey, Vietnam, dan Saudi Arabia.

Pembina Tim Riset MAN 2 Banyumas, Adit menjelaskan, tim yang dibinanya itu menampilkan inovasi berupa game toleransi beragama pada WYIIA 2023. game ini diciptakan oleh siswa MAN 2 Banyumas sebagai terobosan dalam upaya mengatasi kasus intoleransi beragama. 

Inovasi dalam bentuk game Based Learning ini diharapkan dapat menarik minat remaja untuk belajar toleransi beragama. 

"Secara tidak langsung mereka memperoleh edukasi yang matang terkait praktik toleransi beragama baik di lingkungan sekolah, madrasah maupun di lingkungan masyarakat," terang Adit, dikutip dari laman Kemenag, Selasa (17/10/2023).

Sementara itu, salah satu peserta, Cantika Abhinaya Zayyan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya dan tim, mulai dari proses awal hingga akhir penyusunan riset. Rentetan prestasi di ajang internasional yang diraih siswa-siswi MAN 2 Banyumas menjadi kontribusi nyata madrasah kepada bangsa dan negara.

"Mudah-mudahan prestasi ini juga dapatmenginspirasi dan memotivasi adik-adik kelas kami agar berani tampil di ajang internasional," katanya.

Senada, Safara Sabilatul Khudaibiyyah mengaku keikutsertaannya pada WYIIA 2023 telah menambah pengalaman, wawasan, dan portofolio. 

"Selain itu kegiatan ini juga mampu melatih kesabaran, kedisiplinan dan kerja sama antar anggota tim," ungkapnya.

Kepala MAN 2 Banyumas, H Muhammad Siswanto, MPdI pun menyambut gembira dan mengapresiasi prestasi siswanya pada WYIIA 2023. medali emas yang didapat menjadi bukti komitmen MAN 2 Banyumas untuk terus mengukir prestasi, baik akademik dan non akademik. 

Berbagai prestasi lainnya terus diupayakan guna mewujudkan madrasah Indonesia yang mendunia.

"Terbukti MAN 2 Banyumas bisa berprestasi. Dari Banyumas menginspirasi dunia," ujarnya.

***

tags: #banyumas #medali emas #kompetisi #internasional #game

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI