Tak Libatkan Jokowi, Indostrtategic: PDIP Pertegas Sikap Politiknya

Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD diusung partai politik yakni PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo.

Rabu, 18 Oktober 2023 | 14:57 WIB - Politik
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- PDI Perjuangan telah mempertegas sikap politik dengan Joko Widodo, hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/10).

"Pengumuman Mahfud MD selaku bakal cawapres pendamping Ganjar di saat Presiden Joko Widodo sedang melakukan lawatan luar negeri, bisa dimaknai PDIP ingin secara tegas memutus ketergantungan politiknya pada figur Joko Widodo," kata Dosen Universitas Paramadina itu, Rabu (18/10).

BERITA TERKAIT:
Hasil Real Count KPU Luar Negeri: Ganjar 37,77%, Anies 31,56% dan Prabowo 30,67%
TPN akan Gandeng Kubu Amin untuk Bentuk Tim Khusus
Alam Ganjar; Saya Yakin Bapak Menang
Doa Warga Saat Ganjar Nyoblos di Semarang: Semoga Menang ya Pak!
Bubur Merah Putih dan Harapan Ganjar Pada Pemilu 2024

Tidak dilibatkannya Jokowi dalam pengambilan keputusan penentuan cawapres Ganjar, menurut pendapat Ahmad Khoirul Umam seolah mempertegas sikap PDIP yang ingin membuktikan mesin politiknya yang independen, tetap kokoh, dan tidak lagi bergantung kepada ketokohan dan populisme Jokowi.

Bahkan sambungnya, hal itu juga dikonfirmasi oleh penundaan pemanggilan putra Jokowi Gibran Rakabuming Raka oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto, terkait wacana pencawapresannya setelah keluar putusan Mahkamah Konstitusi (MK). "PDIP tidak lagi mempertimbangkan variabel Jokowi dalam menjalankan mesin politiknya," tandasnya.

Seperti diketahui, hari ini, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD diusung partai politik yakni PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

***

tags: #ganjar pranowo #calon presiden #pdi perjuangan #mahfud #megawati soekarnoputri

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI