Pidato Perdana Sebagai Cawapres Prabowo, Gibran Rakabuming Beberkan Program Kerja: Dukung Penuh Generasi Muda

Gibran mengatakan bahwa Indonesia butuh generasi muda yang handal dan tangguh.

Rabu, 25 Oktober 2023 | 13:22 WIB - Politik
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, JakartaGibran Rakabuming Raka menyampaikan pidato pertamanya sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Prabowo Subianto di hadapan Ketua Umum parpol dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Dalam pidatonya, Wali Kota Solo itu membocorkan program-program yang akan dijalankannya jika dirinya dan Prabowo terpilih di Pilpres 2024 nanti.

Sebelum membeberkan program kerja unggulan, Gibran terlebih dahulu mengatakan bahwa program yang sudah berjalan perlu dilanjutkan. Dia menyatakan tugasnya adalah menyempurnakan program tersebut.

BERITA TERKAIT:
Dapat Tawaran Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Ganjar Mantap Jadi Oposisi 
Surakarta Terpilih Jadi Salah Satu Kota Praktik Baik dalam Pelaksanaan Revitalisasi Bahasa Daerah
Soal Program Makan Siang Prabowo-Gibran, Tidakkah Bebani Keuangan Negara? Ini Kata Pakar 
Dinyatakan Langgar Kode Etik, Ketua KPU Beri Respon 
Ketua dan Anggota KPU Dinyatakan Langgar Kode Etik karena Terima Pendaftaran Gibran sebagai Cawapres

"Kita semua menyakini program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan," kata Gibran di Indonesia Arena GBK, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

"Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan hal-hal yang terkait anak-anak muda," lanjutnya.

Putra sulung Presiden Jokowi itu memastikan akan mendukung program-program anak muda secara penuh. Gibran mengatakan bahwa Indonesia butuh generasi muda yang handal dan tangguh.

"Generasi milenial. Generasi Z. Dan jangan lupa para santri. Pasti kita dukung penuh. Kita butuh generasi muda yang handal, generasi muda yang tangguh, generasi muda yang memiliki komitmen kebangsaan," tuturnya.

Ia lantas memohon izin ke Prabowo untuk membocorkan program unggulannya. Yang pertama adalah dana abadi pesantren yang disebutnya sebagai mandat dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019.

"Sekarang sudah ada KUR, sudah ada yang namanya kredit mekar, sudah ada namanya wakaf mikro. Ada kredit ultra mikro," ujar Gibran. 

"Nanti akan kami tambahkan lagi. Kredit start-up milenial. Ini untuk bisnis-bisnis para milenial yang berbasis inovasi dan teknologi," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyebut sejumlah program kerja yang kini sudah berjalan, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Nanti saya tambahkan lagi, KIS Lansia," kata Gibran sambil membawa papan bertulisakan KIS Lansia.

Selanjutnya, ia menyebut ada satu program kerja yang berhubungan dengan ibu dan anak. Ia lantas mempersilakan sang istri, Selvi Ananda, untuk maju dan membawa papan berisi program kerja baru yang akan dijalankan.

"Ada satu lagi, tapi ini yang bawa biar istri saya saja. Soalnya ini berhubungan dengan ibu dan anak. Kartu anak sehat. Untuk pencegahan stunting," terangnya.

"Lalu tak lupa, hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian, perikananan. Ini wajib. Dan juga ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan," imbuh Gibran.

Sebelum menutup pidatonya, Gibran sekali lagi mengucapkan terima kasih dan memohon doa restu kepada seluruh pendukungnya agar 'perjalanan'nya dimudahkan dan dilancarkan.
 

***

tags: #gibran rakabuming raka #prabowo subianto #cawapres #program kerja #generasi muda

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI