Dokumen Pendaftaran Prabowo-Gibran Dinyatakan Lengkap oleh KPU RI

KPU RI membuka pendaftaran bakal capres-cawapres mulai 19 hingga 25 Oktober 2023.

Rabu, 25 Oktober 2023 | 15:14 WIB - Politik
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Dokumen persyaratan pendaftaran Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon peserta Pilpres 2024 dinyatakan sudah lengkap oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari.

"Berdasarkan informasi dari tim di Sekjen KPU melalui Silon, dokumen syarat pencalonan dan syarat calon dinyatakan lengkap," kata Hasyim, Rabu.

BERITA TERKAIT:
Ribuan TPS Disebut Masih Alami Kesalahan Data pada Sirekap
Amankan Demo di Bawaslu-KPU, Polisi Kerahkan 1.978 Personel
Sejarah Quick Count, Metode Hitung Cepat yang Mampu Gulingkan Kekuasaan Marcos 
Empat TPS di Rembang Lakukan Pemungutan Suara Ulang, Masyarakat Kurang Antusias
Hari Ini KPU Lakukan Pemungutan Suara Ulang di 26 TPS di Jateng

Dijelaskan Hasyim, KPU RI telah menerima dokumen persyaratan pasangan bakal calon presiden-wakil presiden Prabowo-Subianto yang diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, dan Partai Demokrat.

Selanjutnya, KPU RI menjadwalkan pemeriksaan kesehatan bagi Prabowo-Gibran di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10).

"Pemeriksaan kesehatan untuk bakal pasangan calon Pak Prabowo dan Mas Gibran akan dilakukan pemeriksaan besok, hari Jumat, 26 Oktober, pukul 07.00, di RSPAD Gatot Soebroto," tukasnya.

Dia menjelaskan rangkaian pemeriksaan kesehatan bakal pasangan capres dan cawapres sepenuhnya akan dilaksanakan dan dipimpin oleh tim RSPAD Gatot Soebroto.

KPU RI membuka pendaftaran bakal capres-cawapres mulai 19 hingga 25 Oktober 2023. Pada hari terakhir, Rabu, pendaftaran dibuka hingga pukul 23.59 WIB

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) disebutkan bahwa pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

***

tags: #kpu #gibran rakabuming raka #prabowo subianto

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI