Pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran Jalani Tes Kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto

Pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu rangkaian wajib yang dijalani setiap bakal pasangan capres-cawapres.

Kamis, 26 Oktober 2023 | 09:27 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jakarta, pada hari ini, Kamis.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon peserta Pilpres 2024 itu sejak Kamis pagi, pukul 07.00 WIB. Pada pukul 05.50 WIB, tim dokter RSPAD Gatot Soebroto dengan dibantu TNI dan staf KPU mulai bersiap-siap di depan Gedung Medical Check Up (MCU) RSPAD Gatot Soebroto.

BERITA TERKAIT:
Sejumlah Artis Dipertimbangkan Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Ada Raffi Ahmad Sampai Ahmad Dhani 
Prabowo Bertekad Tuntaskan Kemiskinan, Targetkan Swasembada Pangan dalam Empat Tahun 
Prabowo Wacana Tambah Menteri Jadi 40 Jabatan, Ganjar Ingatkan Politik Akomodasi  
Muncul Wacana Prabowo akan Tambah Jumlah Menteri, Ada 40 Jabatan 
Opung Luhut Berpesan ke Prabowo Jangan Masukan Orang Toxic ke Kabinet, Siapa? 

Untuk diketahui, pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu rangkaian wajib yang dijalani setiap bakal pasangan capres-cawapres sebelum resmi ditetapkan memenuhi syarat sebagai peserta Pilpres 2024.

Rangkaian tes kesehatan bakal pasangan calon tersebut, di antaranya CT scan, diagnostik, pemeriksaan pembuluh darah dalam jantung, tes fungsi organ keseluruhan, tes pembuluh darah, MRI, mengukur kapasitas paru-paru, tes treadmill, USG, wawancara untuk mendiagnosa gangguan mengatasi masalah, serta dan tes narkoba.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan hasil tes kesehatan bakal pasangan capres dan cawapres tidak akan langsung diumumkan ke publik. Nantinya, hasil tes kesehatan seluruh bakal pasangan capres dan cawapres akan disampaikan oleh tim dokter ke KPU RI pada Jumat (27/10).

"Hasil tes kesehatan dari tiga bakal pasangan calon tersebut akan diumumkan oleh tim pemeriksa RSPAD Gatot Soebroto, akan disampaikan pada KPU secara resmi, pada hari Jumat, tanggal 27 Oktober 2023, sekitar pukul 14.00 WIB atau bakda (shalat) Jumatan," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (25/10).

Hasil akhir dari rangkaian verifikasi administrasi syarat bakal pasangan calon akan ditetapkan oleh KPU pada tanggal 13 November 2023. Setelah itu, dilakukan pengundian nomor urut pasangan calon pada tanggal 14 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) disebutkan bahwa pasangan calon presiden/wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

***

tags: #prabowo subianto #gibran rakabuming raka #tes kesehatan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI