Ketua DPC PDI Perjuangan Solo Desak Gibran Undurkan Diri dari Partai Usai Resmi Cawapres Prabowo: Kembalikan KTA Saja Cukup

Rudy menyebut bahwa pengunduran diri ini merupakan bagian dari tata krama berpolitik.

Kamis, 26 Oktober 2023 | 10:52 WIB - Politik
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Solo - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi cawapres pendamping Capres Prabowo Subianto. Padahal, hingga kini, Gibran masih berstatus sebagai kader PDI Perjuangan yang juga mengusung Capres, yakni Ganjar Pranowo.

Lantas, bagaimana sikap PDI Perjuangan mengenai langkah yang ditempuh Gibran itu?

BERITA TERKAIT:
Prabowo-Gibran Sah Jadi Presiden-Wakil Presiden 2024-2029 
Jokowi Anugerahi 15 Kepala Daerah Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Diantaranya Gibran dan Bobby 
Hari Ini Ditetapkan sebagai Wapres, Berapa Harta Gibran? 
KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Rabu Besok 24 April
MK Putuskan Pencapresan Gibran Tak Salahi Aturan dan Bukan Nepotisme, Warganet: Teruslah Bodoh Jangan Pintar

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Solo FX Hadi Rudyatmo pun meminta putra sulung Presiden Jokowi itu mengundurkan diri dari partainya secara hormat. Rudy menyebut bahwa pengunduran diri ini merupakan bagian dari tata krama berpolitik.

"Saya mohon dengan sangat dan dengan hormat kesadaran diri Mas Gibran, datang kelihatan muka, pulang juga kelihatan punggungnya. Kan begitu budaya bangsa kita," kata Rudy di Solo, Rabu (25/10/2023).

Rudy mengatakan proses pengunduran diri Gibran tak perlu membuat surat. Ia cukup mengembalikan Kartu Tanda Anggotanya (KTA) ke Kantor DPC PDI Perjuangan.

"Tidak usah membuat surat lah. Mengembalikan KTA ke DPC saja selesai. Enggak harus Mas Gibran yang ke sini, utusannya saja juga enggak apa-apa. Kita enggak nuntut lebih kok," ucapnya.

Gibran sendiri telah resmi mendaftar ke KPU sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju mendampingi Prabowo Subianto. Namun PDI Perjuangan bersama sejumlah partai lainnya telah mencalonkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

DPP PDIP sendiri menegaskan sampai saat ini Gibran belum mengundurkan diri dari partai berlambang Banteng itu. Di sisi lain, Gibran mengaku dirinya telah berkomunikasi dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani terkait pencalonannya sebagai cawapres Prabowo.

***

tags: #gibran rakabuming raka #cawapres #fx rudi hadyatmo #pdi perjuangan #prabowo subianto

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI