Viral! Kisah Enuh Nugraha, Lulusan Teknik Kelautan ITB yang Kini Jadi ODGJ karena Ditinggal Wanita

Selain itu, Enuh juga mengaku bahwa dahulu dirinya sempat bekerja di perusahaan asal Tiongkok.

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 12:50 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Kisah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bernama Enuh Nugraha belakangan tengah menjadi sorotan. Pasalnya, Enuh yang merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) Prodi Teknik Kelautan, mengalami gangguan jiwa lantaran wanita yang ia sayangi meninggal dunia.

Kisah Enuh Nugraha diceritakan melalui kanal YouTube Sinau Hurip. Pemilik kanal tersebut, Sukaryo Adiputra, awalnya menemukan Enuh dalam keadaan lemas dan berpenampilan kusam di pinggir jalan sekitar Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

BERITA TERKAIT:
Ratusan ODGJ Antusias Lakukan Pencoblosan pada Pemilu 2024
1.059 ODGJ di Kudus akan Berpartisipasi di Pemilu 2024 
Pemuda di Ende Tonjok ODGJ hingga Jatuh, Sempat Rekam Aksi hingga Viral
Boyolali Geger! Mayat Pria Ditemukan di Bawah Jembatan, Diduga ODGJ 
Ngeri! ODGJ di Kota Semarang Capai 526 Orang

Dalam video tersebut, Enuh yang meskipun berpenampilan layaknya ODGJ, ia bisa berkomunikasi dengan baik. Bahkan, ia mengaku merupakan  lulusan Prodi Teknik Kelautan, ITB, angkatan 1997 dan berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 2,97.

"Kuliah di ITB, jurusan laut di Jalan Ganesha 10, IPK 2,97," ungkap laki-laki asal Ujungberung, Bandung itu, dikutip dari kanal YouTube Sinau Hurip, Sabtu (28/10/2023).

Selain itu, Enuh juga mengaku bahwa dahulu dirinya sempat bekerja di perusahaan asal Tiongkok. Di sana ia bertugas di bagian perancangan. Tapi, semuanya berubah saat wanita yang ia sayangi, Sri Indah, meninggal dunia.

Sembari dipotongi kukunya dan dipotong rambutnya oleh Adi, Enuh menceritakan kisah hidupnya. Diceritakan pria 46 tahun itu, dahulu dirinya sangat mencintai seorang gadis bernama Sri Endah. 

Namun, belum sempat dinikahi, Sri Endah telah meninggalkan Enuh untuk selama-lamanya. Adi pun beranggapan bahwa kepergian Sri Endah lah yang menjadikan Enuh terjebak dalam kondisinya saat ini. Dia lantas mengkonfirmasi hal tersebut langsung kepada Enuh. 

"Sepertinya dia ini orang top loh dahulu, tapi kok bisa seperti ini ya sekarang, gara-gara Sri Endah ya? Gara-gara Sri Endah meninggal terus kamu jadi seperti ini?" tanya Adi.

Enuh tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan lantang, dia hanya menunduk dan menganggukan kepala sambil mengucap “hem”. Ekspresi wajahnya pun berubah dari yang semula semangat, menjadi murung. 

Adi berusaha mengulik lebih dalam mengenai sosok Sri Endah. Tapi sayang, tak banyak yang Enuh ceritakan tentang sosok perempuan tersebut. 

Dalam video lainnya, Adi mengungkap bahwa setelah sosok Enuh viral, banyak teman-teman satu angkatannya di ITB yang mengenali.  Mereka, kata Adi, sedang berupaya menemukan Enuh untuk diberi pengobatan dan tempat tinggal yang layak.

***

tags: #odgj #itb #sinau hurip #enuh nugraha

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI