Pemprov Jateng Gencarkan Sosialisasi untuk Genjot Partisipasi Pemilih Pemula

Sosialisasi itu, kata Nana, perlu terus dilakukan agar para pemilih pemula itu mendapat edukasi politik yang benar.

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 15:24 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Banjarnegara– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024. Sebab, generasi Z dan milenial yang saat ini rentang usianya 17-39 tahun, mendominsi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. 

Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana menyampaikan hal itu, usai menghadiri Peringatan Sumpah Pemuda ke - 95 di Alun-alun Kabupaten Banjarnegara, Sabtu, 28 Oktober 2023. “Makanya kami akan terus mensosialisasikan," ucapnya. 

BERITA TERKAIT:
Pemprov Jateng Pamerkan Produk Unggulan di 5 Negara Lewat Ajang UMKM Gayeng 2024
Sumarno Apresiasi Proyek Percontohan Sedimentasi Laut di Pantai Moro Demak
Tujuh Bulan Dipimpin Nana Sudjana, Berikut Sederet Penghargaan yang Diterima Pemprov Jateng
Pemprov Jateng Ajukan Dataran Tinggi Dieng Jadi Geopark Nasional
Pemprov Jateng Fasilitasi Bus Gratis untuk 3.145 Pemudik

Sosialisasi itu, kata Nana, perlu terus dilakukan agar para pemilih pemula itu mendapat edukasi politik yang benar. Dengan edukasi yang benar, para pemilih pemula diharapkan tidak terjebak pada fanatisme, termakan berita hoax, dan terpancing ujaran kebencian. 

Apalagi, beber Nana, setiap perhelatan pemilu seringkali muncul di media sosial mengenai informasi hoaxs, hate speech, berita kebencian, dan lainnya. “Jadi di situ provokasi-provokasi itu pasti ada," tuturnya seraya mengingatkan. 

Edukasi politik yang benar, sambungnya selain bisa mencegah para pemilih pemula dari terbawa arus yang tidak baik, juga sekaligus meningkatkan kesadaran mereka untuk menggunakan hak suaranya. 

Menurut Nana, membangun kesadaran untuk menggunakan hak pilih  sangat penting. Sebab, salah satu indikator kesuksesan penyelenggaraan pesta demokrasi adalah tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya.

***

tags: #pemerintah provinsi jawa tengah #pj gubernur jawa tengah #nana sudjana #pemilih pemula #daftar pemilih tetap

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI