Bakal Undang Tiga Cawapres, Maruf Amin: Ajak Diskusi untuk Meredam Konflik

Maruf Amin mengatakan presiden ingin terus memberikan pengertian kepada kontestan agar berkompetisi secara adil, jujur dan tidak membuat konflik.

Selasa, 31 Oktober 2023 | 12:32 WIB - Politik
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jambi- Tiga bakal calon Wakil Presiden yang bakal maju dalam Pemilu 2024, rencananya bakal diundang Wakil Presiden Maruf Amin dalam waktu dekat. Pertemuan itu diharapkan dapat mencegah timbulnya ketegangan dan konflik pada Pemilu 2024.

Wapres Maruf Amin di sela kegiatannya meninjau Posyandu Dahlia di Jambi, Selasa (31/10/2023), mengungkapkan saat ini, pihaknya masih mengatur jadwal pertemuan mereka. "Memang saya dijadwalkan bertemu dengan cawapres, tapi kan kita lagi mengatur waktunya sebab ini kan pada keliling semua," ucap Maruf Amin.

BERITA TERKAIT:
Jam’iyyah NU Jangan Dimobilisasi untuk Dukung Paslon 02 Prabowo-Gibran
Ganjar Dicurhati Nelayan, Harga Ikan Anjlok karena Impor dari Tiongkok
Milenial dan Gen Z Diskusi Publik Soal Pemimpin Masa Depan, Ganjar-Mahfud Dinilai Miliki Tiga Poin Penting Ini 
Diskusi PPPI, Capres Harus Menyatakan Secara Eksplisit Penegakan Hukum
Indonesia Hadapi Tantangan Besar dalam Melawan TPPO

Ia menambahkan untuk mengatur jadwal tersebut, tidak mudah karena para cawapres juga memiliki agenda masing-masing. "Hari-hari ini kita lakukan lobi-lobi (penyesuaian waktu), kapan yang ketiga-tiganya ada di Jakarta. Itu ternyata bukan masalah gampang (mencari kesesuaian waktu). Yang satu di Jawa Tengah, satu ke Jawa Timur, satu ke Papua," jelasnya.

Maruf Amin menandaskan dalam pertemuan nanti, dirinya akan mengajak para bakal cawapres berdiskusi tentang upaya meredam konflik sebab sikap para pendukung kontestan akan bergantung pada para pemimpin.

"Karena bagaimanapun kan di bawah itu bagaimana yang di atasnya, kontestan ini, baik partai pendukung, capres dan cawapres maupun tim pemenangan masing-masing. Nah, ini kalau bisa tensinya (turun). Suasana damai, dingin, pemilu kita tidak menimbulkan masalah," harapnya.

Sedangkan terkait pertemuan Presiden Joko Widodo dengan para bakal capres dalam santap siang pada Senin (30/10), Ia menilai presiden sebagai kepala negara menghendaki kontestasi tidak terjadi pembelahan.

Maruf Amin mengatakan presiden ingin terus memberikan pengertian kepada kontestan agar berkompetisi secara adil, jujur dan tidak membuat konflik. "Juga menghindari hoaks. Dalam rangka sesuai koridor," tutupnya.

***

tags: #diskusi #maruf amin #wakil presiden #cawapres #konflik

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI