PT KAI Daop 4 Semarang Hadirkan Pelayanan Kesehatan Gratis Menggunakan Rail Clinic di Stasiun Telawa

Dibuatnya Rail Clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program TJSL KAI.

Rabu, 01 November 2023 | 09:44 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Boyolali - Sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat khususnya di lingkungan sepanjang jalur KA, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang kembali menyelenggarakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam bentuk pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis dengan kereta kesehatan (Rail Clinic) untuk masyarakat.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa bakti sosial Rail Clinic ini kembali digelar oleh KAI Daop 4 Semarang setelah terakhir dilaksanakan di Stasiun Comal Kabupaten Pemalang pada tanggal 3 Oktober 2019 lalu.

BERITA TERKAIT:
Masa Libur Sekolah, KAI Semarang Operasikan 759 Perjalanan Kereta
Libur Panjang IdulAdha 2024, KAI Semarang Layani 225 Ribu Penumpang Kereta
Masa Libur Idul Adha, KAI Daop 4 Semarang Siapkan 98 Ribu Tempat Duduk
Mulai 1 Juni, KA Banyubiru Layani Naik Turun Penumpang di Stasiun Telawa Boyolali
Kereta di Pemalang Dilempar Batu, KAI Ingatkan soal Ancaman Penjara

“Kegiatan Rail Clinic ini terhenti sejak adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Namun pada hari ini Selasa 31 Oktober 2023, Rail Clinic hadir kembali untuk memberikan pelayanan sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat khususnya di sekitar Stasiun Telawa Kabupaten Boyolali,” jelas Franoto.

Pada kesempatan ini, KAI Daop 4 Semarang memberikan pelayanan kesehatan kepada 200 masyarakat sekitar Stasiun Telawa secara gratis mulai pukul 08.00 sampai dengan 13.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat sekitar Kelurahan Juwangi Kabupaten Boyolali mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, pelayanan kebidanan, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana, pelayanan farmasi, serta penyuluhan kesehatan.

Daop 4 Semarang telah menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 3 Dokter Umum, 2 Dokter Gigi, 1 Dokter Spesialis, 2 Bidan, 1 Optometrist, 5 Perawat Umum, 1 Perawat Gigi, 1 Apoteker, dan 1 Assisten Apoteker.

Rail Clinic sendiri merupakan kereta kesehatan yang pembuatannya dilatarbelakangi oleh semangat KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia, khususnya dibidang kesehatan dengan memanfaatan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor. Dibuatnya Rail Clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program TJSL KAI.

Pada kegiatan yang diadakan di Stasiun Telawa ini menggunakan rangkaian Rail Clinic generasi keempat, dengan rangkaian terdiri atas empat kereta diesel. Dua kereta difungsikan sebagai Rail Clinic, sedangkan yang dua lagi difungsikan sebagai Rail Library. 

Adapun fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, Kesehatan Ibu & Anak, pemeriksaan kesehatan mata, Apotek, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kebidanan lanjutan. 

Dua kereta kesehatan juga telah dilengkapi fasilitas EKG, USG dan laboratorium hematology analyzer sysmex berbasis komputer sebagai pemeriksaan penunjang yang berfungsi untuk mengukur sampel darah sehingga mampu membantu mendiagnosis penyakit.

Sedangkan dua kereta pustaka yang dinamakan Rail Library, di dalamnya terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku untuk kalangan anak-anak sampai pengetahuan umum untuk dewasa. Selain buku-buku manual, tersedia juga fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa enam buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, dan lagu anak-anak.

Pada kegiatan ini, selain melaksanakan pengobatan gratis, KAI Daop 4 Semarang juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat sekitar Stasiun Telawa diantaranya pemberian 30 kacamata secara gratis kepada siswa SDN 1 Juwangi dan SDN 1 Pilangrejo; pemberian 40 paket gizi anti stunting berupa telor dan susu kepada masyarakat kurang mampu di sekitar stasiun; serta bantuan alat-alat olah raga berupa bola voli dan net kepada SMA Bhinneka Karya 6 Boyolali.

Selain itu juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan terkait pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan melakukan praktek cuci tangan dan sikat gigi yang baik, pendidikan kesehatan reproduksi, serta penyuluhan kesehatan generasi bebas narkoba.

Selanjutnya juga diberikan sosialisasi terkait pengenalan profesi yang ada di KAI, dan sosialisasi keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api yang disampaikan langsung oleh Tim KAI Mengajar Daop 4 Semarang kepada siswa dan peserta yang hadir dalam kegiatan.

pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic sudah menjadi program rutin KAI sebagai salah satu bentuk kepedulian KAI kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar jalur KA dan jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan

“Semoga dengan adanya layanan Rail Clinic dan Rail Library di Stasiun Telawa ini, dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat, serta dapat lebih peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api,” tutup Franoto.

***

tags: #pt kai daop 4 semarang #pelayanan kesehatan #bakti sosial #rail clinic

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI