Viral Pernikahan Dini di Madura, Pengantin Laki-laki Baru Umur 10 Tahun

Kedua pasangan di bawah umur itu tampak canggung di hadapan kerumunan warga.

Rabu, 01 November 2023 | 19:28 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

MEDIA sosial tengah dihebohkan dengan pasangan pengantin yang menikah di usia sangat muda, yakni 10 tahun. pernikahan dini ini diketahui terjadi di Sampang, Madura.

Dalam video viral yang turut diunggah akun X @kegblgnunfaedh itu, tampak dua remaja laki-laki dan perempuan sedang berdiri dikerumuni banyak orang. Tampaknya, itu merupakan acara pernikahan yang digelar secara sederhana di teras rumah.

BERITA TERKAIT:
Viral Pernikahan Dini di Madura, Pengantin Laki-laki Baru Umur 10 Tahun
Siswa Paham Bahaya Menikah Usia Dini, Gus Yasin Menilai Kepedulian Sudah Terbangun
Marak Terjadi Pernikahan Dini, Bupati Sragen Ngaku Prihatin
Puan Maharani: Anak Muda Jangan Nikah Dini, harus Siap Fisik dan Mental
Dampak Pernikahan Dini: Stunting hingga Belum Siapnya Organ Reproduksi

Bahkan terlihat dalam video itu, keduanya hanya berdiri tanpa ada kursi maupun pelaminan yang menghiasi teras rumah. Keduanya juga tidak mengenakan busana mewah seperti kebanyakan pasangan lainnya.

Si anak perempuan hanya memakai gamis hitam dengan jilbab berwarna coklat sembari membawa buket berisi uang pecahan 100 ribuan. Sementara si pengantin laki-laki hanya mengenakan kemeja putih dan kopiah hitam.

Kedua pasangan di bawah umur itu tampak canggung di hadapan kerumunan warga. Terlihat dalam rekaman itu seorang warga memberikan sebuah amplop putih kepada mempelai wanita.

Akun yang sama juga menyertakan tangkapan layar berisi percakapan melalui fitur pesan di Facebook. Dijelaskan bahwa pengantin laki-laki dalam video itu baru berusia 10 tahun. Selain itu, kedua pasangan ini juga disebut masih diurus oleh orangtua mereka masing-masing.

"Itu nanti nge biayain untuk istrinya gimana pak? Tinggal di mana?" tanya seorang warganet.

"kemungkinan msh ditanggung ortunya," jawab si pengunggah.

Fenomena pernikahan di bawah umur itu lantas menjadi sorotan warganet. Banyak yang heran dengan orang tua yang mengizinkan anak berusia SD untuk menikah.

"Ini mah yg kaga beres si ortunya," komentar warganet.

"Penasaran visi misi org yg memutuskan nikah muda padahal masih bergantung sama org tua, bahkan mental finansial blom stabil," kata lainnya.

"Salah orang tuanya umur sekecil itu di perbolehkan nikah," ujar yang lain.

"Nanti liat temen yang seumuran sibuk kerja, jalan-jalan, belanja ini itu apa gak iri ya????? Orang tuanya kenapa sihhhh," ungkap warganet lain.
 

***

tags: #pernikahan dini #di bawah umur #pengantin #madura

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI