Keputusan Calon Panglima TNI akan Diparipurnakan 20 November 2023

DPR telah menerima Surat Presiden (Surpres) tentang Penunjukan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

Kamis, 02 November 2023 | 13:47 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Pengambilan keputusan tingkat II terhadap calon tunggal Panglima TNI dalam Rapat Paripurna DPR RI akan dilangsungkan pada 20 November 2023 mendatang. Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Kamis (2/11/2023).

"Jadi kurang lebih tanggal 20-an (November) sudah paripurna," ucap Meutya.

BERITA TERKAIT:
Nana Sudjana: Kinerja Pemprov Jateng pada 2023 Mengalami Peningkatan
Rapat Paripurna Propemperda Jateng 2024: Raperda Pemantauan Orang Asing Diubah Jadi Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan 
Pj Bupati Iwanuddin Iskandar : Mari Tumbuhkan Rasa Bangga dan Memiliki Brebes
Pj Bupati Cilacap Sampaikan Raperda Permukiman Kumuh
Sah, APBD Jateng 2024 Disetujui Rp28,5 Triliun

DPR RI, kata Meutya memiliki waktu selama 21 hari untuk memproses Surat Presiden (Surpres) tentang Penunjukan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

"Kalau di DPR, 21 hari proses di DPR, dan kami masih melihat aturannya dan kami pasti akan mematuhi aturan itu. Artinya sebelum tenggat waktu akhir sudah selesai di DPR," bebernya.

Meutya juga mengungkapkan terkait dengan jadwal pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan '(fit and proper test') terhadap calon tunggal Panglima TNI, akan digelar Komisi I DPR tanggal 14 November 2023. "Kurang lebih di sekitaran tanggal segitu (14 November)," katanya.

Sedangkan menurut Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad pelaksanaan 'fit and proper test' terhadap calon Panglima TNI diperkirakan akan digelar pada pertengahan November, yakni sekitar tanggal 15 atau 16 November 2023.

"Kami akan 'on the track' saja sesuai dengan jadwal-jadwal yang nanti akan ditentukan oleh Rapim dan Bamus, mungkin perkiraan 'fit and proper test' antara tanggal 15 atau 16 (November), kira-kira begitu," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Pelaksanaan 'fit and proper test' terhadap calon Panglima TNI, imbuh Dasco akan dilakukan usai pimpinan DPR melangsungkan Rapat Pimpinan (Rapim) dan Badan Musyawarah (Bamus) pada pekan depan.

"Ya, kami akan lakukan Rapim dan Bamus di pekan depan, kira-kira hari Selasa. Lalu, kemudian rangkaian-rangkaian 'fit and proper test' itu kan ada beberapa yang harus dilakukan oleh Komisi I yang akan ditugaskan," ucap dia.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani, pada Selasa (31/10), mengatakan DPR telah menerima Surat Presiden (Surpres) tentang Penunjukan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.
 

***

tags: #rapat paripurna #panglima tni #kepala staf angkatan darat #jenderal tni agus subiyanto #ketua komisi i dpr ri

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI