Boyolali Kini Miliki Pasar Ikan Bersih Lengkap dengan Kuliner "Seafood"

Pasar Ikan Bersih Kabupaten Boyolali diharapkan dapat menjadi pusat jual beli ikan segar.

Sabtu, 11 November 2023 | 20:31 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Boyolali – Kabupaten Boyolali kini memiliki pasar ikan Bersih lengkap dengan berbagai kuliner serba ikan (Seafood). Pasak ikan tersebut terletak di eks Lapangan Sunggingan atau tepatnya di timur Pasar Sunggingan di Kecamatan Boyolali.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menyampaikan terima kasih atas bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia yang telah menganggarkan Rp 1,7 Miliar untuk membangun pasar dua lantai ini. Bupati Said berharap bangunan pasar dapat bermanfaat untuk pedagang dan pembeli ikan segar.

BERITA TERKAIT:
Bazar Kuliner Indonesia Meriahkan TPSLN Ankara Turki
Resto Kurnia Seafood Semarang, Sajikan Olahan Laut Segar
Hotel Santika Semarang Suguhkan Kuliner “Barbeque Night”
Boyolali Kini Miliki Pasar Ikan Bersih Lengkap dengan Kuliner "Seafood"
Pisang Plenet Pak Tuko di Pecinan, Nikmatnya Bikin Ketagihan

“Harapan kita dengan apa yang sudah terbangun ini pada akhirnya nanti dapat bermanfaat dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Kabupaten Boyolali. Agar dapat menjadi ikon tambahan tentang keberadaan pasar ikan Boyolali ini,” kata Bupati Said dikutip dari laman resmi Pemkab Boyolali, Sabtu.

Bupati Said berharap, melalui pasar ikan Bersih Kabupaten Boyolali, anak anak di Kabupaten Boyolali terdorong untuk gemar makan ikan.

Senada, Direktur Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSKP) KKP RI, Erwin Dwiyana mengungkapkan bahwa melalui pasar ikan Bersih Kabupaten Boyolali pihaknya juga turut memberikan edukasi kepada masyarakat pasar ikan yang bersih dan nyaman.

“Pasar ini punya misi tidak hanya layanan pemerintah, tetapi juga memberikan edukasi informasi kepada masyarakat tentang jenis ikan, manfaat ikan, bisa dinikmati juga di tempat dan sebagainya. Termasuk bagaimana kita bisa menyajikan atau bahwa pasar ikan itu tidak seperti yang dibayangkan, ternyata bisa kita sajikan pasar yang bersih dan juga nyaman untuk masyarakat,” jelasnya.

Kepala Dinas Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Boyolali, Lusia Dyah Suciati mengatakan bangunan pasar ikan Bersih Kabupaten Boyolali ini diprioritaskan untuk para pedagang ikan yang belum memiliki lapak.

“Pedagang ini berasal dari pedagang ikan yang ada di Pasar Boyolali dan Pasar Sunggingan yang belum mempunyai lapak, jadi masih berada di pinggir pinggir jalan. Jadi kita akomodir, kita masukkan ke sini, harapannya tidak ada pedagang yang tidak punya lapak,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, pasar ikan Bersih Kabupaten Boyolali dilengkapi dengan bangunan pasar, area parkir, akses jalan dan penataan taman. Bangunan pasar ikan Bersih Kabupaten Boyolali akan berdiri seluas 600 meter persegi yang terdiri dari dua lantai.

Lantai pertama difungsikan sebagai lokasi jual beli ikan dengan luas 300 meter persegi yang dilengkapi dengan 14 meja penjualan, satu kios ikan hias, lima kolam ikan, satu ruang pengelola, dua kamar mandi dan memiliki akses untuk kaum disabilitas.

Kemudian, untuk lantai kedua dengan luas 300 meter persegi difungsikan sebagai sarana kuliner berbagai olahan ikan. Lantai ini dilengkapi dengan enam lapak olahan langsung, satu lapak produk kemasan ikan, mushola, area foodcourt, dua kamar mandi serta terdapat akses untuk kaum disabilitas.

pasar ikan Bersih Kabupaten Boyolali diharapkan dapat menjadi pusat jual beli ikan segar dan kuliner ikan di Kabupaten Boyolali dengan kantong parkir yang luas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

***

tags: #kuliner #boyolali #pasar ikan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI