KPU akan Undi Nomor Urut Capres - Cawapres Besok

Saat ini ada tiga pasangan calon yang telah mendaftar sebagai capres cawapres ke KPU.

Senin, 13 November 2023 | 13:43 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Pelaksanaan pengundian nomor urut pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Selasa, 14 November 2023. Pengundian nomor urut tersebut dilaksanakan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik KPU mengatakan dalam pengundian nomor urut tersebut pihaknya akan mengundang pasangan calon dan parpol pengusung.

BERITA TERKAIT:
Hasyim Asy'ari Minta Maaf Jika Kinerja KPU RI Kurang Memuaskan selama Pemilu 2024
Delapan Partai Lolos Melenggang ke Senayan, PDIP Paling Moncer PPP-PSI Gagal
KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024 Setelah Buka Puasa 
16 Orang Diamankan Polisi karena Dianggap Biang Kisruh dalam Demo di KPU dan DPR 
Akademisi Soroti KPU Tak Transparan dalam Kasus Dugaan Kecurangan Pemilu

"Di pengundian nomor urut pasangan Capres-cawapres (yang diundang) tidak hanya parpol peserta beserta pasangan calonnya, kami juga mengundang penyelenggara pemilu, Bawaslu, DKPP dan stakeholder lain," ungkap Idham Holik dikutip, Senin (13/11/2023).

Idham menyebut KPU akan menggelar pengundian nomor urut secara terbuka. Bahkan, pengundian juga bakal disiarkan langsung melalui akun YouTube KPU RI.

"KPU akan melakukan live streaming proses pengundian nomor urut baCapres tersebut," ujarnya.

Sehari sebelum pengundian, lanjut Idham, KPU akan melakukan rapat penetapan daftar calon tetap (DCT) Capres-cawapres. Penetapan DCT digelar pada Senin (13/11/2023).

"Penetapan pasangan Capres-cawapres itu berdasarkan pasal 276 ayat 1, UU Nomor 7 Tahun 2023 pasangan Capres dan cawapres ditetapkan 15 hari sebelum kampanye dimulai," tukasnya.

Diketahui, saat ini ada tiga pasangan calon yang telah mendaftar sebagai Capres cawapres ke KPU diantaranya Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

***

tags: #kpu #nomor urut #capres #cawapres

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI