Petugas Lapas Brebes melakukan kegiatan rutin berupa kontrol keliling di area branggang, Selasa (14/11/2023). Foto. Eko S/kuasakata.com

Petugas Lapas Brebes melakukan kegiatan rutin berupa kontrol keliling di area branggang, Selasa (14/11/2023). Foto. Eko S/kuasakata.com

Antisipasi Gangguan Kamtib, Regu Pengamanan Lapas Brebes Kontrol Keliling Area Branggang

Kegiatan trolling merupakan kegiatan rutin.

Selasa, 14 November 2023 | 14:41 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes - Petugas Lapas Kelas IIB Brebes, Kanwil Kemenkumham Jateng melakukan kegiatan rutin berupa kontrol keliling di area branggang.  Upaya tersebut dilakukan oleh Komandan Jaga dan petugas piket staf Lapas Brebes dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di lapas setempat.

Sebagai informasi, branggang  dikenal sebagai jalan setapak atau gang yang terdapat pada sekeliling Lapas yang berbatasan dengan pagar. deteksi dini melalui kontrol branggang dilakukan sesuai arahan langsung Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang 3 kunci Pemasyarakatan Maju yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan peredaran gelap narkoba, dan sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

BERITA TERKAIT:
Lapas Brebes Tandatangani Kerjasama Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan dengan Polres Brebes
Lapas Brebes Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat
Lapas Brebes Gelar Rapat Penyusunan dan Draft Perjanjian Kerjasama dengan Polres Brebes
Peringati HANI 2024, Lapas Brebes Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Tes Urin
Peringati HANI 2024, Kalapas Brebes Pimpin Penggeledahan Kamar Hunian Warga Binaan

Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan, Selasa (14/11/2023) mengemukakan, pelaksanaan deteksi dini dilaksanakan secara rutin dalam rangka mencegah gangguan keamanan dan ketertiban, salah satunya kegiatan kontrol branggang dan blok hunian.

"Kegiatan kontrol branggang dan blok hunian dimulai dari bagian depan hingga belakang untuk memastikan tidak ada benda asing yang dilempar dari luar, serta memastikan kondisi bangunan, dan kebersihan di lingkungan branggang," ucap Isnawan.

Isnawan menambahkan, dalam kegiatan tersebut, komandan jaga melaksanakan kontrol ke seluruh area lapas yang meliputi area blok hunian, branggang, dapur dan di titik-titik rawan di Lapas Brebes, serta mengawasi seluruh kegiatan yang dilakukan oleh warga binaan. 

Selain itu, lanjut Isnawan,  kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan semua anggota jaga yang bertugas melaksanakan tugasnya sesuai SOP yang ditentukan.

"Kegiatan trolling merupakan suatu kegiatan rutin yang selalu dilakukan sebagai upaya deteksi dini gangguan kamtib, serta untuk mengoptimalkan pelayanan kepada seluruh warga binaan," pungkas Isnawan.

***

tags: #lapas kelas iib brebes #direktur jenderal pemasyarakatan #lapas brebes #deteksi dini

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI