Cerita Penonton Tertipu Jastip Tiket Konser Coldplay, Bayar Lebih Mahal tapi Zonk  

Sejumlah penonton konser Coldplay Jakarta mengungkapkan modus penipuan tiket lewat jasa titip.

Kamis, 16 November 2023 | 10:45 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta – konser Coldplay yang berlangsung Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Rabu malam (15/11) berlangsung meriah. Sejumlah penonton kecewa karena jadi penipuan jasa titip

Penonton yang menjadi korban penipuan tersebut tak dapat masuk lantaran barcode tiket yang dimiliki karena telah dipakai oranglain. Sejumlah penonton konser Coldplay Jakarta mengungkapkan modus penipuan tiket lewat jasa titip.

BERITA TERKAIT:
OJK Minta Masyarakat Waspadai Penipuan Modus Kerja Part Time, Buka Hotline Pengaduan 
Pasutri Pelaku Penipuan Modus Kencan Online Diringkus Polisi
Kadinas Perkim Kota Metro Lampung Ditetapkan Tersangka, Diduga Gelapkan Uang Penjualan Tanah Rp400 Juta
Masyarakat Diimbau Waspadai Aksi Penipuan Love Scamming
Bongkar Kasus Penipuan Modus Love Scamming di Jakbar, Korban Tersebar di Inggris hingga AS

Salah seorang korban penipuan, Nurfita Rabiulla, menuturkan kisah pahitnya. Ia tertipu jasa titip (jastip) pembelian tiket konser usai gagal membeli tiket saat war tiket Coldplay dibuka beberapa waktu lalu.

Usai melunasi pembelian tiket konser Coldplay lewat jastip, Fita – begitu ia diakrabi – menerima bukti konfirmasi pemesanan tiket dan selembar salinan surat kuasa, serta salinan KTP terduga pelaku.

Menurut Fita, surat kuasa berisi keterangan pemindahtanganan tiket, lengkap dengan salinan KTP terduga pelaku itu ternyata tetap tak bisa digunakan untuk memasuki area konser. Pasalnya, bukti konfirmasi pembelian tiket yang diterimanya tak dilengkapi barcode.

"Ini berkas yang diberikan pada korban saat pelunasan, yakni bukti pembelian tiket, tapi tidak menggunakan barcode, jadinya surat kuasa ini tetap tidak bisa digunakan,” jelas Fita.

Fita menyebut, tiket Coldplay yang dibelinya lewat jastip ini lebih mahal hampir Rp1 juta ketimbang tarif tiket aslinya.

"Gue rugi tiket Cat (Category) 5, beli harga Rp3 juta, harga normalnya Rp1.750.000 dengan pajak jadi sekitar Rp2,1 juta. Jadi selisih Rp900 ribu (dibanding) dengan beli war tiket,” tuturnya.

Menurut Fita, terduga pelaku mengaku telah bekerja sama dengan pihak penyelenggara yang berjanji akan memasukkan para calon penonton lewat jalur khusus. 

Terduga pelaku bahkan mengaku sudah mengirimkan sejumlah uang ke pihak penyelenggara agar dapat memasukkan para calon penonton yang membeli tiket darinya.

"Kalau dari keterangan pelaku, dia ada kerja sama dengan oknum pihak penyelenggara, yang berjanji akan memasukkan audiens ini lewat jalur khusus. Dan pelaku sudah mengirimkan uang setengah dari kesepakatan mereka, sekitar Rp3 miliar," tutur Fita.

"Tapi ternyata di lokasi, oknum (penyelenggara) bernama Anton ini nggak bisa dihubungi. Alhasil, pelaku inilah yang diamuk massa,” imbuhnya.

Alhasil banyak penonton yang tak dapat masuk ke dalam venue konser Coldplay di Stadion GBK. Di samping itu penyelenggara konser Coldplay juga menjadi sorotan, terlebih setelah banyak penonton yang menjebol pintu masuk.

Beberapa penonton yang menjebol pintu masuk bukanlah penonton kategori sebenarnya, beberapa yang lain bahkan tak bertiket.

***

tags: #penipuan #gbk #konser #coldplay #jasa titip

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI