Program “Isi Piringku”, Walikota Semarang Ajak Pelajar Konsumsi Makanan Bergizi

Isi Piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring, yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. 

Kamis, 16 November 2023 | 15:15 WIB - Kesehatan
Penulis: Holy . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang - Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengajak para pelajar di Kota Semarang agar mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sesuai konsep 'isi piringku'. Menurutnya, dengan gizi seimbang bisa berdampak baik pada Kesehatan.

Hal ini disampaikan Mbak Ita, sapaan akrabnya usai sosialisasi program Pelayanan dan Edukasi Terpadu pelajar Kota Semarang (Piterpan) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang, Kamis (16/11/2023). 

BERITA TERKAIT:
Program “Isi Piringku”, Walikota Semarang Ajak Pelajar Konsumsi Makanan Bergizi
Ibu-ibu Antusias Ikuti Lomba Kreasi Gizi ISI PIRINGKU di Klaten
500 Pendidik Klaten Ikuti Pelatihan 'Isi Piringku' Via Daring

Kegiatan Piterpan ini dimulai dengan senam pagi bersama, sarapan sehat, dan edukasi tentang pentingnya minum vitamin dan tambah darah untuk mencegah anemia pada siswi remaja putri. Selain juga ada edukasi tentang pentingnya mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dengan konsep "isi piringku". 

Remaja yang mengonsumsi makanan dengan gizi baik, kata Mbak Ita, merupakan aset dan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa ke depan, terutama dalam upaya pencegahan stunting dan penurunan angka kematian ibu dan anak. 

"Hari ini kami bersama ribuan anak-anak pelajar dari SMA/SMK di Kota Semarang mensosialisasikan program Piterpan dan mengajak mereka memenuhi gizi harian dengan isi piringku," kata Mbak Ita

isi piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring, yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. 

"Tadi saya tes apakah ada yang tahu isi piringku. Ternyata anak-anak paham betul bahwa makanan yang sehat akan berdampak pada tumbuh kembang baik sang anak," ujarnya. 

Selain menganjurkan para pelajar untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, Mbak Ita juga menyentil tentang kebiasaan remaja saat ini yang lebih menyukai makanan instan atau bahkan junk food dan kurang makan sayur serta buah dalam keseharian.

"Boleh makan junk food atau mi instan, tapi jangan setiap hari. Yang instan itu gak baik," terang dia. 

Mbak Ita menyebut, kecenderungan anak-anak sekarang menyukai makanan yang praktis atau instan, makanan siap saji. Padahal dalam konsep "isi piringku" juga menekankan untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari.

Inilah yang menjadi fokus Pemkot Semarang, lanjut Mbak Ita, yakni memberi edukasi gaya hidup atau lifestyle yang benar untuk anak-anak muda. 

Generasi muda, lanjutnya, khususnya remaja putri sedari sekarang harus lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hal ini karena remaja putri sehat dan terhindar dari anemia akan melahirkan anak-anak yang sehat pula di masa mendatang. 

"Ke depan akan semakin banyak kompetitor dan persaingan baik di dunia usaha, kerja, maupun semuanya. Sehingga mulai dari dini kita persiapkan generasi yang tangguh dan sehat," tandas dia.

***

tags: #isi piringku #hevearita gunaryanti rahayu #mbak ita #pelajar #makanan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI