Universitas Paramadina dan MGMP Ekonomi DKI Jakarta Selenggarakan ToT Literasi Ekonomi dan Keuangan Digital

Selain itu hadir pula sebagai pemateri, Head of Corporate Secretary & Investor Relations PT. Bussan Auto Finance (BAF) Akmal Abudiman.

Kamis, 16 November 2023 | 23:55 WIB - Didaktika
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Paramadina bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ilmu Ekonomi (MGMP) menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) berjudul "Literasi Ekonomi dan Keuangan Digital". Acara itu dilaksanakan Selasa, 15 November 2023, di Kampus Cipayung, Universitas Paramadina.

Menurut Sekretaris Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Paramadina, Dr. Agung Surya Dwianto bahwa tema pelatihan menjadi sangat relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini. "Pertumbuhan Ekonomi Digital dan Industri digital berkembang pesat dan telah menjadi komponen penting dalam pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia. Untuk berpartisipasi dalam ekonomi yang semakin didominasi teknologi, siswa harus memahami dasar ekonomi digital," kata Agung Surya, dalam keterangan resmi Universitas Paramadina, Kamis (16/11).

BERITA TERKAIT:
Kerja Sama Selatan-Selatan Bisa Jadi Firewall Lawan Persaiangan Geopolitik
Universitas Paramadina dan LP3ES Lakukan Bedah Film Dirty Votes untuk Kawal Pemilu Jurdil
Universitas Paramadina Adakan Diskusi Kualitas Hidup dan Pembangunan Berkualitas
Masalah APBN, Utang dan Tax Ratio Rendah Jadi PR Presiden yang Akan Datang
Berada di Lokasi Strategis, Indonesia ke Depan Perlu Penguatan Pertahanan Maritim

Dalam sambutannya Ketua MGMP Ekonomi DKI Jakarta Drs. Kasmadi menyampaikan harapannya. "Melalui kegiatan ini semoga dapat memperluas pengetahuan guru dalam hal Ekonomi dan Keuangan Digital sehingga membantu dalam penyiapan materi pembelajaran, penyusunan silabus, pembuatan bahan, strategi pembelajaran, dan metode pembelajaran, sehingga outputnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang tercermin dalam hasil belajar siswa," ucapnya.

Ketua Program Studi Manajemen Adrian Wijanarko, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan kontribusi dalam pembangunan pengetahuan terkait ilmu ekonomi dan manajemen kepada semua pemangku kepentingan pendidikan di Indonesia. "Perspektif-perspektif konvensional dalam Ilmu Manajemen pada titik tertentu menjadi tidak relevan untuk menjelaskan aktivitas bisnis di era perkembangan teknologi saat ini. Oleh karena itu, pengetahuan tentang ekonomi digital menjadi sangat penting untuk program pendidikan di era internet dan menjadi komponen krusial dalam berbagai aspek Kurikulum Merdeka," katanya.

Acara yang berlangsung sehari penuh itu menghadirkan pemateri Permata Dian Pratiwi, Wiwit Agustina dengan judul "Bentuk-bentuk Ekonomi Digital", Adrian A. Wijanarko, Sajili: "Infrastruktur Ekonomi Digital", Kenita Putri: "Perubahan Supply Chain dalam Ekonomi Digital, Nurliya Apriyana: "Perubahan Perilaku konsumen dalam Ekonomi Digital", Agung Surya Dwianto, Arif Haryadi: "Potensi dan Kendala yang dihadapi dalam Ekonomi Digital", Dewi Kurniaty: "Ekonomi Digital dalam meningkatkan Resiliensi Bisnis Perusahaan dan UMKM. 

Selain itu hadir pula sebagai pemateri, Head of Corporate Secretary & Investor Relations PT. Bussan Auto Finance (BAF) Akmal Abudiman dengan judul "Penguatan Literasi Keuangan Digital" serta Managing Director BAF Sigit Sembodo dengan judul "Peran industri Pembiayaan dan Asuransi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Era Digital".

Acara yang didukung oleh PT. Bussan Auto Finance (BAF) ini diikuti dengan antusias oleh peserta hingga acara berakhir pada pukul 17.00 WIB.

***

tags: #universitas paramadina #fakultas ekonomi dan bisnis #dki jakarta #mgmp

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI