Padati Candi Borobudur, Umat Buddha Gelar Doa Bersama untuk Palestina

Jasa kebijakan dari sutra dan mantra di puncak candi serta pradaksina dilimpahkan kepada semua makhluk.

Sabtu, 18 November 2023 | 10:18 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Magelang - Umat Buddha berkumpul di Candi Borobudur dalam rangka menggelar doa bersama untuk perdamaian di Palestina. Doa ini dipanjatkan dengan melafalkan sutra dan matra.

doa bersama itu digelar pengurus DPD WALUBI Provinsi DKI Jakarta bersamaan kegiatan Dhammayatra. Mereka mengunjungi tempat-tempat suci agama Buddha yakni Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Sewu.

BERITA TERKAIT:
Padati Candi Borobudur, Umat Buddha Gelar Doa Bersama untuk Palestina
Digelar di Magelang, Lomba Swayamvara Tripitaka Gatha 2023 Diikuti 1500 Umat Buddha dari Seluruh Indonesia
Prosesi Pradaksina, Ribuan Umat Buddha dari Enam Negara Mengitari Candi Borobudur
Peringati Hari Waisak, Presiden Jokowi Doakan Semua Makhluk Hidup Berbahagia
Hari Raya Waisak, Umat Buddha Jalan dari Candi Mendut ke Borobudur

Ketua Umum Majelis Agama Buddha Mahayana Indonesia (MAHABUDHI) YM. Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira yang dikenal juga dengan Suhu Pushan memimpin secara langsung prosesi pembacaan doa tersebut.

Suhu Pushan mengatakan, Dharmayatra dilakukan salah satunya dengan menggelar ritual khususnya di candi atau situs utama.

“Kita untuk hari ini dipusatkan di Candi Borobudur,” jelasnya dikutip, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, Umat Buddha juga menggelar Pradaksina. Yaitu berjalan mengitari Candi Borobudur searah jarum jam.

Menurut Suhu Pushan, jasa kebijakan dari sutra dan mantra di puncak candi serta pradaksina, dilimpahkan kepada semua makhluk, khususnya saudara yang terdampak konflik Palestina dan Israel. Suhu Pushan berharap konflik di sana secepatnya berakhir.

“Di atas puncak Candi Borobudur, kami melafalkan sutra-sutra dan mantra-mantra. Selain itu, juga melakukan doa khusus agar tercipta perdamaian di Palestina,” jelas Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira.

Ajaran Buddhis, kata Suhu Pushan, mengajarkan tentang cinta kasih, perdamaian sehingga umat bisa hidup rukun, harmonis. Cita-cita utama umat Buddha, memiliki saudara hidup yang bahagia, tentram, damai.

Ketua DPD WALUBI DKI Jakarta Jandi Mukianto menjelaskan selain ke Candi Borobudur, pihaknya juga mengajak para umat untuk Dhammayatra ke candi-candi agama Buddha lain, yakni Candi Mendut dan Candi Sewu. Mereka juga berkunjung ke vihara-vihara Buddhis yang ada di Temanggung dalam rangka meningkatkan kerukunan intern umat Buddha.

***

tags: #buddha #doa bersama #candi borobudur

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI