Unwahas Semarang Ambil Sumpah 23 Dokter Baru

Saat ini negara masih menghadapi persoalan pemerataan layanan kesehatan.

Sabtu, 18 November 2023 | 13:31 WIB - Didaktika
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - 23 dokter baru lulusan Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang dilantik dan diambil sumpah. Pengambilan sumpah dokter dilakukan oleh Dekan Fakultas Kedokteran dr. Sudaryanto MPd. Ked.

Wakil Dekan FK Bidang Akademik dr Dian Inayati M. Kes melaporkan dari 23 dokter angkatan ke 5 baru tersebut 16 orang di antaranya dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude. 

BERITA TERKAIT:
Unwahas Semarang Teken MoU dengan Perusahaan Jepang, Siap Cetak Tenaga Kerja Berkualitas
Unwahas-Ikadin Jateng Siap Cetak Advokat Berintegritas dan Bernilai Aswaja
Unwahas Semarang Gelar Seminar Islam dalam Membangun Peradaban Dunia
Unwahas Semarang Tambah Tiga Prodi Magister,  Apa Saja? 
Unwahas Semarang Ambil Sumpah 22 Apoteker Baru

"Mereka diambil sumpah setelah dinyatakan lulus dalam Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode Agustus 2023," kata Dian dalam keterangannya, Sabtu (18/11). 

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Kedokteran Unwahas Semarang dr. Sudaryanto, M.Pd.Ked menyampaikan Hingga angkatan kelima sejak berdiri tahun 2016 hingga kini telah meluluskan 59 dokter. 

“Dengan menyandang gelar sebagai seorang dokter diharapkan untuk terus belajar karena ilmu kedokteran selalu berkembang. Kesempatan serta mengamalkan ilmu pengetahuan dengan senantiasa menjaga almameter," ungkapnya.

Menurutnya profesi dokter adalah panggilan jiwa, karena itu dokter lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Wahid Hasyim  yang disiapkan menjadi insan intelektual dan berkarakter tidak boleh lelah dalam berjuang untuk kemanusiaan. kompetensi yang dimiliki hendaknya terus dikembangkan dan dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas layanan dengan tetap menjaga etika kedokteran.

"Saat ini negara masih menghadapi persoalan pemerataan layanan kesehatan, terutama di kawasan Indonesia timur," lanjutnya.

Karena itu diharapkan para dokter yang baru saja disumpah dapat memposisikan diri menjadi bagian dari jawaban atas persoalan itu.

Wakil Ketua Pengurus Yayasan Wahid Hasyim Semarang Dr. K.H. Abu Hafsin mengatakan bangga bahwa para lulusan FK Unwahas telah dibekali pengetahuan keagamaan dan moral yang unggul, sehingga telah membentuk ciri khas sebagai seorang yang berilmu tetapi sekaligus berkarakter dengan ahlakul karimah mengikuti jejak lulusan pada prodi lainnya yang diakui mempunyai komptensi sebagaimana yang diharapkan.

Rektor Unwahas Semarang Prof. Dr. KH Mudzakkir Ali, MA berpesan profesi dokter adalah untuk kesehatan umat manusia. Bila manusia sehat, maka manusia bisa beraktivitas apa saja dalam hidupnya. 

"Bila manusia sehat, maka ia bisa beribadah kepada Tuhan. Di sinilah tugas mulia dokter untuk mengupayakan kesehatan manusia agar bisa beribadah kepada Tuhan. Maka NIATKAN dalam layanan kesehatan sebagai IBADAH kepada Tuhan,’’ katanya.

Yang membanggakan dari 23 doter baru tersebut mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

***

tags: #unwahas

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI