Polisi Sebut Pengikut TikToker Vicky Kalea Naik 50 Ribu Usai Bikin Konten Parodi 'Jasa Bikin Anak Keliling'

Konten tersebut juga menguntungkan Vicky Kalea dengan menaikkan jumlah pengikutnya.

Sabtu, 18 November 2023 | 16:41 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta - TikToker Vicky Kalea dilaporkan ke polisi oleh stasiun televisi swasta Indosiar akibat membuat konten adegan parodi 'jasa bikin anak keliling' di media sosialnya. Yang membuat kesalahannya fatal, konten tak senonoh itu juga menyematkan logo Indosiar di videonya.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes M Syahduddi mengatakan pihak Indosiar melaporkan hal ini sejak Juli 2023 usai menemukan konten 'jasa bikin anak keliling' yang diunggah akun TikTok @vicky_kalea dengan menggunakan logo Indosiar.

BERITA TERKAIT:
Hanya Demi Konten, Dua Pemuda Jepara Ini Lempar Kucing ke Laut 
Instagram Kini Batasi Konten Politik 
Buntut Remaja Tewas Tertabrak Kereta, Polisi Imbau Warga Tak Bikin Konten di Bantaran Rel
Feby Putri Murka Momen Ibunya Meninggal Malah Dijadikan Konten oleh TikToker
Viral Bayi Prematur Berbobot 1,5 Kg di Tasikmalaya Dijadikan Konten Pemotretan 'New Born' hingga Meninggal Dunia, Ini Kronologinya

"Akun @vicky_kalea yang menampilkan konten video yang memparodikan program pintu berkah dengan judul 'Jasa bikin anak keliling', menggunakan atau mencantumkan logo televisi Indosiar tanpa seizin dan sepengetahuan PT Indosiar Visual Mandiri," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Syahduddi, dikutip Sabtu (18/11/2023).

Dalam membuat konten, Vicky dibantu oleh sang istri. Ia menggunakan handphone pribadinya untuk merekam dan kemudian mengeditnya di aplikasi Capcut. 

"Terlapor menggunakan handphone pribadinya dengan dibantu oleh istrinya merekam video dan setelah itu korban mengedit video tersebut menggunakan aplikasi CapCut dan menempelkan logo Indosiar yang didapatkan dari mesin pencarian Google. Kemudian setelah konten video tersebut sudah jadi, terlapor mengunggah atau mempostingnya di media sosial TikTok miliknya sehingga konten video 'Jasa Bikin Anak Keliling' tersebut dapat dilihat oleh khalayak umum," imbuhnya.

konten tersebut lantas viral hingga ditonton sebanyak jutaan kali. konten tersebut juga menguntungkan Vicky Kalea dengan menaikkan jumlah pengikutnya.

"Penyidik mendapatkan akun Tiktok milik Vicky Kalea sudah diputar di Tiktok sebanyak 19 juta kali dengan waktu pemutaran 25.246 jam. Dengan adanya konten tersebut akun Tiktok Vicky Kalea bertambah menjadi 55 ribu orang," beber Syahduddi.

Usia dimintai keterangan polisi, baik pihak terduga pelaku maupun pelapor sepakat untuk menempuh jalur damai. Keduanya dimediasikan oleh kepolisian. 

Atas kelakuannya itu, Vicky terancam melanggar Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 2 miliar

"Bahwa dengan adanya upaya permohonan untuk dimediasi oleh Terlapor kepada Polres Metro Jakarta Barat, maka Para Pihak akan dimediasi untuk menghasilkan/mencapai keadilan restoratif," tutur Kapolres Metro Jakarta Barat.
 

***

tags: #konten # indosiar #parodi #tiktoker #vicky kalea

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI