Berencana Gagalkan Pemilu, Empat Teroris Dibekuk Densus 88

Tersangka MK dan MI merupakan bagian dari daftar pencarian orang yang pada tahun 2022 memiliki rencana aksi teror ke Polres Dumai.

Kamis, 23 November 2023 | 06:00 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta - Sebanyak empat orang teroris ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri lantaran diduga terlibat dalam tindak pidana terorisme di wilayah Dumai dan Rokan Hulu, Provinsi Riau. Keempat terduga teroris tersebut ditangkap pada hari Selasa (21/11/2023).

"Telah diamankan sebanyak empat tersangka terorisme antara lain, (berinisial) MK, MI, D, dan M," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Rabu (22/11/2023).

BERITA TERKAIT:
Strategi Komunikasi Politik dalam Menghadapi Kampanye Pilkada 2024
Bawaslu Kota Semarang Gelar Rapat Evaluasi SDM Pengawas Pemilu
Puluhan Petugas Pemilu Meninggal, Pj Gubernur Jateng Berharap Hal Itu Tak Terulang di Pilkada 2024
Sejak Awal Harusnya Sudah Ada Suara dan Gagasan dari Kampus Terkait Pemilu
Sebanyak 3.055 Personel Gabungan Disiapkan untuk Kawal Unjuk Rasa Hari Ini

Dijelaskan Ramadhan, tersangka MK dan MI merupakan bagian dari daftar pencarian orang (DPO) yang pada tahun 2022 memiliki rencana aksi teror ke Polres Dumai.

"Tersangka MK dan MI tergabung dalam kelompok RQ Jabal Noer sejak tahun 2014 dan merupakan anggota kelompok RP dimana bulan September 2022 akan melakukan amaliyah di Polres Dumai," ujarnya.

Selanjutnya, Ramadhan menjelaskan tersangka M berperan menyebar propaganda di media sosial untuk mengacaukan pelaksanaan Pemilu 2024 hingga Natal dan Tahun Baru.

"Tersangka M melakukan propaganda di media sosial untuk membuat chaos Pemilu 2024 dan bersama Sdr. S untuk membuat rencana amaliyah Natal dan Tahun Baru," ujarnya.

Ramadhan menambahkan, tersangka D yang juga tergabung dalam kelompok tersebut berencana untuk melakukan aksi teror di Polres Dumai.

"Tersangka D merupakan simpatisan AD dan merupakan kelompok RP yang akan melakukan amaliyah di Polres Dumai pada bulan September 2022 lalu," tukasnya.

***

tags: #pemilu #riau #teroris #dumai

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI