Tetapkan Firli Bahuri Jadi Tersangka, Polisi Sita Barang Bukti Senilai Rp 7,4 Miliar

Salah satu barang bukti yang disita yakni satu eksternal hard disk atau SSD yang diserahkan KPK.

Kamis, 23 November 2023 | 11:31 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Jakarta – Polisi telah menetapkan KPK Firli Bahuri sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Selain menetapkan tersangka, polisi juga melakukan penyitaan terhadap sejumlah barang bukti yang berkaitan dengan kasus tersebut.

Salah satu barang bukti yang disita yakni sejumlah dokumen berupa salinan berita acara penggeledahan, berita acara penyitaan, berita acara penitipan temuan barang bukti, dan tanda terima penyitaan pada Rumah Dinas Menteri Pertanian RI yang di dalamnya berisi lembar disposisi pimpinan KPK dengan nomor agenda LD 1231 tanggal 28 April 2021.

BERITA TERKAIT:
Polda Metro Segera Lengkapi Berkas Perkara Firli usai Dikembalikan Kejaksaan
Dinilai Belum Lengkap, Berkas Perkara Firli Bahuri Dikembalikan ke Polda Metro
Firli Bahuri Cabut Gugatan Praperadilan Kedua di PN Jaksel
Firli Kembali Layangkan Gugatan Praperadilan, Polda Metro Nyatakan Siap Menghadapinya
Tersangka Kasus Pemerasan terhadap SYL, Firli Bahuri Ajukan Gugatan Praperadilan Kedua ke PN Jaksel

“Dilakukan penyitaan terhadap pakaian, sepatu, maupun pin yang digunakan oleh saksi SYL saat pertemuan di GOR Tangki bersama Saudara FB pada tanggal 2 Maret 2022,” ujar Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (22/11/2023) malam.

barang bukti yang disita selanjutnya yakni 1 eksternal hard disk atau SSD yang diserahkan KPK berisi ekstraksi data elektronik yang sudah disita KPK sebelumnya, dan juga ikhtisar lengkap Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) milik Firli Bahuri periode 2019-2022.

Kemudian, ada pula barang bukti berupa dokumen dari penukaran valuta asing (valas) dalam rentang waktu Februari 2021 hingga September 2023 dengan total Rp 7,4 miliar.

“Dokumen penukaran valas dalam pecahan SGD dan USD dari beberapa outlet money changer dengan nilai total sebesar Rp 7.468.711.500 sejak bulan Februari 2021 sampai dengan bulan September 2023,” ujarnya.

“Juga dilakukan penyitaan terhadap 21 unit HP dari para saksi. Kemudian 17 akun email, 4 unit flash disk, 2 unit kendaraan bermotor roda empat, 3 e-money, kemudian 1 buah kunci atau remote keyless warna hitam bertuliskan land cruiser, kemudian 1 buah dompet yang bertuliskan lady americana USA berwarna coklat yang berisikan 1 lembar holiday getaway voucher 100 ribu spiral care traveloka,” sambungnya.

Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan tim penyidik gabungan Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri pada hari Rabu (22/11/2023) sekitar pukul 19.00 WIB.

***

tags: #firli bahuri #barang bukti #tersangka #pemerasan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI