Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 202 di Plataran Candi Borobudur, Kamis, (23/112023) (Foto: Humas Bawaslu)

Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 202 di Plataran Candi Borobudur, Kamis, (23/112023) (Foto: Humas Bawaslu)

Jelang Masa Kampanye, Ketua Bawaslu Jateng Ingatkan Komitmen Pengawas untuk Kawal Pemilu 2024

Mengakhiri sambutannya, Amin menyatakan keyakinannya bahwa Pemilu 2024 di Jawa Tengah akan berlangsung aman dan damai.

Kamis, 23 November 2023 | 14:32 WIB - Politik
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Magelang - Masa kampanye Pemilu 2024 akan dilaksanakan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari. Jelang pelaksanaan kampanye, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Amin mengingatkan seluruh pengawas akan komitmen untuk menjalankan tugasnya demi menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Muhammad Amin dalam Apel Siaga Pengawasan Tahapan kampanye Pemilu 2024 yang digelar di  Plataran Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Kamis, (23/112023) pukul 08.00 WIB. Apel tersebut diikuti oleh seluruh pimpinan dan kordinator sekretariat Bawaslu Kabupaten se -Jawa Tengah dan perwakilan Panwaslu Kecamatan Se-Jawa Tengah. 

BERITA TERKAIT:
Alasan Candi Borobudur Dipilih Jadi Lokasi Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 Tingkat Provinsi Jateng
Jelang Masa Kampanye, Ketua Bawaslu Jateng Ingatkan Komitmen Pengawas untuk Kawal Pemilu 2024
Padati Candi Borobudur, Umat Buddha Gelar Doa Bersama untuk Palestina
Sejak Juli 2023 Ada 187 Pemohon VoA di TWC Borobudur
Kampung Seni Kujon di Magelang akan Ground Breaking pada November 2023

"Bawaslu Provinsi Jawa Tengah ingin menegaskan kembali komitmen kita bersama, untuk melakukan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu sebagai  tanggung jawab bersama dalam mewujudkan Pemilu aman dan damai," kata Amin dalam sambutannya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh pengawas akan tanggung jawab masing-masing untuk menjamin pelaksanaan Pemilu 2024 yang demokratis dan sesuai asas luberjurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil).

"Optimalkan pencegahan dengan identifikasi permasalahan dan isu-isu tahapan kampanye pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya, petakan potensi kerawanannya, jalin koordinasi dengan berbagai stakeholder. Lakukan pengawasan secara melekat, catat hasil pengawasan yang Bapak/Ibu lakukan, pastikan seluruh jajaran pengawas di wilayah Bapak/Ibu juga melakukan hal yang sama," terang Amin.

Lebih lanjut, Amin juga berpesan agar seluruh pengawas pemilu menjadikan ikrar yang sudah diucapkan sebagai pemantik dan pedoman untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya. 

"Jangan berhenti melakukan konsolidasi di internal dan terus bangun komunikasi baik dengan pihak eksternal. Jangan pernah takut menjadi pengawas, jangan takut melaksanakan tugas sebagai pengawas, Bapak/Ibu tidak sendirian. Kepercayaan masyarakat yang telah diberikan kepada Bapak/Ibu, menjadi kunci untuk membuahkan," lanjutnya.

Mengakhiri sambutannya, Amin menyatakan keyakinannya bahwa Pemilu 2024 di Jawa Tengah akan berlangsung aman dan damai. Meskipun menurutnya, hal ini bukan sesuatu yang mudah untuk diwujudkan.

"Mungkin bukan hal yang mudah untuk kita wujudkan, namun dengan segala daya usaha, upaya yang terus kita lakukan, Insya Allah, keberkahan dan kelancaran akan menghampiri kita semua untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai, berkualitas dan berlegitimasi," pungkas Amin.

***

tags: #candi borobudur #kampanye #bawaslu jateng #bawaslu jawa tengah #pemilu 2024

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI