Tim Pengabdian Unnes Beri Edukasi Konservasi Mangrove pada Siswa SD di Ulujami Pemalang 

Siswa juga banyak mendapatkan informasi tambahan terkait dengan pengelolaan mangrove secara sederhana. Dan siswa juga mengetahui siklus hidup dan tumbuh mangrove,"

Jumat, 24 November 2023 | 10:32 WIB - Didaktika
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Pemalang - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang (Unnes) belum lama ini melakukan sosialisasi dan diskusi pengenalan ekosistem mangrove kepada siswa di SDN 4 Mojo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. diskusi dilakukan dengan perantara poster dan video berbasis kontekstual konten agar siswa dapat memahami kondisi mangrove yang sebenarnya. 

Tampak para siswa sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan karena dapat memahami konservasi mangrove. Kegiatan pengabdian ini juga melibatkan siswa dalam proses konservasi mangrove melalui kuis dan simulasi game. Siswa kemudian dapat mengetahui kalau mangrove memiliki berbagai jenis. 

BERITA TERKAIT:
Tim Pengabdian Unnes Beri Edukasi Konservasi Mangrove pada Siswa SD di Ulujami Pemalang 

sosialisasi dilakukan oleh tim yang terdiri dari Pradika Adi Wijayanto, Vina Nurul Husna, Jamhur dan beberapa mahasiswa. 

Salah satu anggota Tim Pengabdian Masyarakat Unnes Pradika Adi Wijayanto mengatakan selama ini siswa hanya mengetahui atau menyebut vegetasi tersebut dengan “bakau” saja. 

"Padahal bakau adalah bahasa daerah untuk penyebutan spesies Rhizophora. Siswa juga banyak mendapatkan informasi tambahan terkait dengan pengelolaan mangrove secara sederhana. Dan siswa juga mengetahui siklus hidup dan tumbuh mangrove," ungkapnya. 

Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman konsep lingkungan kepada siswa. Siswa juga dapat mengetahui karateristik lingkungan tempat tinggal mereka. Pasalnya pemahaman mengenai lingkungan tidak banyak dibahas dalam materi pembelajaran sekolah. 

"sosialisasi ini juga memberikan pemahaman bagaimana membangun dan mengaplikasikan konservasi mangrove di lingkungan tempat tinggal," pungkas Pradika. 
 
 

***

tags: #tim pengabdian kepada masyarakat #sosialisasi #diskusi #mangrove #konservasi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI