Kunjungan Kerja ke Diskominfosan Yogyakarta, DPRD Grobogan Tertarik dengan CCTV JSS

Agus menilai, JSS sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi, terutama dengan adanya CCTV yang bisa diakses oleh siapapun.

Rabu, 15 November 2023 | 10:22 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Yogyakarta - Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Grobogan melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, Selasa (14/11/2023). Dalam kunjungan kerja tersebut, DPRD Grobogan mempelajari sejumlah layanan masyarakat berbasis digital, salah satunya CCTV di Jogja Smart Service (JSS).

kunjungan kerja yang dipimpin oleh Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto tersebut disambut langsung oleh Kepala Diskominfosan Pemerintah Kota Yogyakarta, Ignatius Trihastono. Kedatangan jajaran anggota DPRD Kabupaten Grobogan tersebut berkaitan tentang Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik.

BERITA TERKAIT:
Kepala Basarnas Kunjungi Posko SAR Nataru di Kalikangkung Semarang
Kunjungan Kerja ke Diskominfosan Yogyakarta, DPRD Grobogan Tertarik dengan CCTV JSS
Agenda DPRD Grobogan Bulan November 2023, Mulai Rapat hingga Kunjungan Kerja
Kakanwil Kemenkumham Jateng Apresiasi Kebersihan Lapas Brebes
Jokowi Bakal Kunjungan Kerja Ke 4 Negara di Afrika, Pertama Kali Sejak Jadi Presiden

"Kami memandang perlu untuk mengadakan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta dalam rangka menambah referensi dan meningkatkan pengetahuan," ucapnya.

Agus menjelaskan mengenai kondisi-kondisi yang ada di Grobogan, salah satunya fasilitas infrastruktur jalan ruas kabupaten sudah mencapai 84 persen. Sementara, pihaknya belum memiliki pelayanan digital seperti halnya Jogja Smart Service (JSS).

"Kami prioritasnya ke infrastruktur jalan dan itu sudah mencapai 84 persen, dari target kita 85 persen. Tetapi kalau ruas jalannya sudah mencapai 80 persen lebih, itu bantuan DAK-nya akan meningkat dan kita akan meminimalisir itu. Sedangkan mengenai pelayanan digital seperti Jogja Smart Service (JSS) kami belum ada", jelasnya.

Agus menilai, JSS sangat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi, terutama dengan adanya CCTV yang bisa diakses oleh siapapun. Menurutnya, ini sangat berguna, terutama bila ada kejahatan atau kriminalitas. 

"Terkait pelayanan masyarakat yang bebasis digital, CCTV yang terdapat pada JSS itu sangat memudahkan masyarakat. Terutama jika ada sesuatu kejahatan atau kriminalitas yang belakangan ini marak, maka akan mudah untuk mengeceknya melalui CCTV", tambahnya. 

Agus Siswanto mengatakan bahwa layanan-layanan yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta sangat membantu masyarakat, dan Kabupaten Grobogan perlu meniru hal tersebut.
 
"Yang kami lihat dari sisi teknis adalah bagaimana Pemerintah Kota Yogya ini sudah benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakatnya demi pemenuhan kebutuhan masyarakat Yogyakarta. Kami berharap dengan diadakannya kunjungan kerja ini dapat memberikan pencerahan bagi kami DPRD Kabupaten Grobogan dalam meningkatkan pelayanan masyarakat", ujarnya.

Sementara itu, Trihastono menyebutkan bahwa CCTV dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Namun terkait permasalahan yang terjadi di lapangan yang berupa tindakan kriminalitas dan hal lainnya sudah bukan tanggung jawab Diskominfosan

"Untuk akses CCTV yang terdapat di JSS, masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya dengan membuka aplikasi JSS. Kami juga menyimpan filenya, tetapi untuk adanya kejadian sesuatu kami arahkan ke Satpol PP atau ke Dinas Perhubungan, karena kami hanya menyimpan datanya saja", ucapnya.

Tri menjelaskan mengenai infrastruktur di Kota Yogyakarta seperti halnya Mal Pelayanan Publik dan data-data yang terdapat di Kota Yogyakarta sudah terintregasi ke semua dinas. 

"Semuanya sudah terintegrasi, Mal Pelayanan Publik ini akan bisa dikatakan berhasil kalau semakin lama semakin sepi, karena masyarakat bisa mengakses dari manapun. Terkait akses perjalanan yang tergolong jauh bagi masyarakat, sebetulnya ada ide yang bisa dijawab dengan digitalisasi", jelasnya. 
 

***

tags: #kunjungan kerja #dprd grobogan #diskominfosan #yogyakarta #cctv

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI