Kembali Digelar Offline, 8000 Peserta Meriahkan Festival Jepang Orenji Undip 2023

Orenji Undip 2023 merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa jurusan Jepang Universitas Diponegoro.

Minggu, 26 November 2023 | 13:53 WIB - Ragam
Penulis: - . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, SemarangFestival budaya Jepang (bunkasai), Original Event of Japan in Indonesia atau Orenji kembali digelar di Kampus Universitas Diponegoro, Semarang, Sabtu (25/11/2023). Sekitar 8000 peserta ikut memeriahkan Orenji 2023 yang sebelumnya diadakan secara online 2 tahun berturut-turut.

Orenji Undip 2023 merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa jurusan Jepang Universitas Diponegoro. Tahun ini Orenji mengusung tema Sanzashi no Tayori, yang berarti bunga sanzashi yang mekar di musim semi.

BERITA TERKAIT:
Tak Sia-Sia Datang ke Semarang! Dua Cosplayer Asal Jogja Menangkan Lomba “CosComp” Orenji Undip 2023
Kembali Digelar Offline, 8000 Peserta Meriahkan Festival Jepang Orenji Undip 2023

Ketua acara Orenji 2023, R Muhammad Keizar Daffara atau biasa disapa Dappo, menjelaskan Orenji adalah Festival budaya Jepang atau bunkasai yang bertujuan untuk mengumpulkan para peminat dan komunitas yang menyukai budaya Jepang.

"Orenji ini adalah event bunkasai yang tujuannya adalah untuk mengumpulkan para peminat dan komunitas yang menyukai jejepangan,” tuturnya.

Dappo menambahkan bahwa tahun ini Orenji membawakan vibes Orenji yang sudah lama dinanti. Untuk diketahui, Orenji tidak diadakan pada tahun 2020 lalu karena pandemi. Selain itu, Orenji 2021 dan 2022 diadakan secara online.

Menariknya, Orenji tahun ini memiliki gebrakan baru dari tahun sebelumnya. Yaitu, setiap pembelian tiket Orenji 2023 ini akan disalurkan ke platform lindungihutan sebagai bentuk kontribusi terhadap isu perlindungan hutan.

Digelar selama satu hari penuh, Orenji 2023 dibuka dengan pertunjukan Taiko dan Omikoshi lalu dilanjut dengan Odori, tarian khas Negara Jepang. Di festival ini juga terdapat beberapa lomba yang dapat diikuti para peserta, yakni lomba song cover dan cosplay.

Selain itu, Orenji 2023 menyuguhkan berbagai penampilan menarik dari Crossroad, Minerva Land, Kyouki Hikari, Noyushimi, Giga of Spirit, DJ Yoshi & DJ Yamarashi, hingga Heiakim sebagai bintang tamu utama.

Tak hanya pertunjukan di panggung, festival Jepang ini pastinya juga menyajikan berbagai stand atau booth yang menjajakan makanan khas Jepang dan berbagai merchandise anime.

Diadakannya Orenji secara offline setelah 3 tahun ini, membuat para pengunjung antusias untuk ikut memeriahkan acara. Seperti halnya Amanda dan Wan Azara yang mengikuti Orenji 2023 ini dengan bercosplay karakter game, Kafka (Honkai Star Rail) dan Wanderer (Genshin Impact).

"Orenji seru banget. Pertama kali nyoba cosplay di Orenji buat seru-seruan, karena hobi main game dan suka karakternya," kata Wan Azara.

Dengan mendapatkan pengalaman langsung dengan budaya dan hiburan populer Jepang, Orenji 2023 diharapkan bisa membawakan pengalaman menyenangkan akan budaya jepang bagi pengunjung.

 Berita ini ditulis oleh wartawan magang: Maulida Najma Safitri

***

tags: #orenji undip 2023 #festival budaya jepang #bunkasai #original event of japan in indonesia

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI