Momen penyambutan tahanan Palestina yang telah dibebaskan Israel. (Foto: Reuters)

Momen penyambutan tahanan Palestina yang telah dibebaskan Israel. (Foto: Reuters)

Penuh Haru! Ini Momen Penyambutan 39 Tahanan Palestina yang Baru Dipulangkan dari Penjara Israel

Ada sebanyak 39 tahanan Palestina  yang terdiri dari enam perempuan dan 33 laki-laki yang dibebaskan.

Senin, 27 November 2023 | 10:06 WIB - Internasional
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Tepi Barat - Sebanyak 39 tahanan Palestina yang ditahan di penjara Israel akhirnya dibebaskan pada Sabtu (25/11) malam sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata. Penyambutan kepulangan para tahanan pun berlangsung dengan meriah serta dipenuhi keharuan.

Ada sebanyak 39 tahanan Palestina  yang terdiri dari enam perempuan dan 33 laki-laki yang dibebaskan. Para tahanan yang diangkut dengan bus Komite Palang Merah Internasional itu lantas disambut oleh ratusan orang saat tiba di al-Bireh di Tepi Barat.

BERITA TERKAIT:
Enam Oknum Polisi Diduga Aniaya Tahanan, Begini Kronologinya
Polisi Tangkap Dua dari 16 Tahanan Polsek Tanah Abang yang Kabur
Ratusan Tahanan Salurkan Hak Suara di TPS Rutan Polda Metro
Meski Terpenjara, 71 Tahanan Polda Jateng Tetap Salurkan Hak Pilihnya
Tahanan Pencurian di Surakarta Langsungkan Pernikahan di Kantor Polisi

Dilansir dari Al Jazeera, dalam penyambutan itu, massa lantang meneriakkan 'Allahu Akbar' ketika bus tiba, dan beberapa pemuda berdiri di atap kendaraan. Banyak di antara massa yang mengibarkan bendera Hamas dan meneriakkan slogan-slogan pro-Hamas.

Kedatangan para tahanan Palestina itu menimbulkan air mata dan kegembiraan saat mereka diterima oleh keluarga mereka di Yerusalem Timur dan Tepi Barat yang diduduki.

Para tahanan yang masih mengenakan baju tahanan berwarna abu-abu juga tampak diangkat oleh kerumunan alias crowd surfing. Mereka terlihat disambut di jalanan dan digendong oleh ayah mereka yang berlinang air mata. 

Kembang api pun mengubah langit malam menjadi warna yang menyala-nyala dengan musik pop Palestina yang patriotik berkumandang. Beberapa dari mereka yang dibebaskan mengenakan bendera Palestina, yang lain mengenakan bendera hijau Hamas

Pembebasan tahanan Palestina dari penjara-penjara Israel terjadi beberapa jam setelah dua lusin sandera, termasuk 13 warga Israel, dibebaskan Hamas di Gaza. Pertukaran ini merupakan bagian kesepakatan empat hari gencatan senjata.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Hamas akan membebaskan sedikitnya 50 sandera, dan Israel membebaskan 150 tahanan Palestina. Israel mengatakan gencatan senjata dapat diperpanjang satu hari ekstra untuk setiap tambahan 10 sandera yang dibebaskan.
 

***

tags: #tahanan #palestina #israel #hamas #dibebaskan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI