Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno.

Sumarno Dorong Kadin Ikut Berkontribusi Dalam Penyediaan Pangan

Kadin Jateng bersama-sama asosiasi dunia usaha dan pemerintah terus mendorong perekonomian di Jateng selalu stabil dan berkelanjutan.

Selasa, 28 November 2023 | 16:55 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong kepada Kamar Dagang dan Industri (Kadin) wilayah setempat untuk ikut berkontribusi dalam penyediaan pangan. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno di sela pembukaan Rapat Pimpinan Provinsi Kadin Jateng di Hotel Oak Tree, Selasa (28/11/2023).

"Kadin mempunyai jaringan yang luas. Kami berharap Rapimprov Kadin Jateng menghasilkan titik temu untuk partisipasi menjaga ketersediaan pangan," ucap Sumarno.

BERITA TERKAIT:
Bulog Kembali Salurkan Bantuan Beras melalui Kantor Pos
Tekan Angka Stunting, Pemkot Pekalongan Salurkan Bantuan 724 Paket Sambako
Sumarno Dorong Kadin Ikut Berkontribusi Dalam Penyediaan Pangan
Pasokan Pangan di Jateng Dipastikan Aman Meski El Nino Menyerang
Harga Pangan Masih Tinggi Jelang Pemilu 2024, Ekonom: Janji Kampanye Harusnya 100 Hari Kerja Harga Beras Turun  

Pelaksanaan Rapimprov Kadin Jateng, diharapkan Sumarno dapat menghasilkan program-program yang bisa mengakslerasi pertumbuhan ekonomi di Jateng. Termasuk berkontribusi dalam penanganan ketersediaan dan distribusi pangan.

Selain berkontribusi di sektor pangan, berbagai program dan kebijakan juga dilakukan Kadin untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Jateng. Diantaranya mendorong pengembangan dan akses permodalan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dukungan pelatihan sumber daya manusia, dan membuka lapangan pekerjaan di berbagai sektor industri.

Ia menambahkan Kadin juga mendukung peningkatan kemampuan tenaga kerja melalui pendidikan vokasi dengan bekerja sama perguruan tinggi. Langkah itu merupakan salah satu sebagai mempersiapkan tenaga kerja Jateng yang unggul dan berdaya saing. "Terkait pengangguran, peran pemerintah hanya memfasilitasi, tidak bisa membuka lapangan pekerjaan. Maka bapak ibu (anggota Kadin) yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga kerja sama antara pemerintah dan Kadin sangat penting," katanya. 

Sementara itu, Ketua Kadin Jateng Harry Nuryanto Soediro menjelaskan, melalui Rapimprov ini, Kadin Jateng bersama-sama asosiasi dunia usaha dan pemerintah terus mendorong perekonomian di Jateng selalu stabil dan berkelanjutan.

"Kita berharap selalu bersinergi dan bergotong royong dalam memperkuat fundamental ekonomi kita, melalui berbagai sektor yang berkontribusi dalam menciptaan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat, serta mendukung UMKM," jelas Harry.

***

tags: #pangan #pemerintah provinsi jawa tengah #pertumbuhan ekonomi #sumarno #kamar dagang dan industri

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI