Rakor Pengadaan se-Jateng, Kepala LKPP RI Hendi Serukan Inovasi Demi Ekonomi Berdikari

Rabu, 29 November 2023 | 12:25 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Surakarta- Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Hendrar Prihadi meminta pemerintah daerah di Jawa Tengah aktif berinovasi pengadaan. Menurut pria yang akrab disapa Hendi tersebut, inovasi yang tepat dalam proses pengadaan dapat mengoptimalkan manfaat belanja pemerintah untuk masyarakat.

Hal tersebut ditekankannya dalam kegiatan Rakor UKPBJ se-Provinsi Jawa Tengah yang digelar di Asrama Haji Donohudan, Surakarta, Selasa (28/11). Hendi memaparkan bahwa semangat pengadaan pemerintah tidak hanya sebatas untuk memperoleh barang / jasa yang dibutuhkan saja, melainkan juga harus mampu menggerakkan ekonomi lokal, juga nasional. Untuk itulah Kepala LKPP RI tersebut meminta agar amanah Instruksi Presiden RI nomor 2 tahun 2022 dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bisa dijalankan dengan baik.

BERITA TERKAIT:
Rakor Pengadaan se-Jateng, Kepala LKPP RI Hendi Serukan Inovasi Demi Ekonomi Berdikari
LKPP Ungkap Baru Ada 64 dari 546 Pemda Dengan Unit Kerja Pengadaan Proaktif
Gandeng Telkom, LKPP Kembangkan "Government Marketplace"
Hendi Ingatkan Mahasiswa di Indonesia Agar Tak Minder dengan Lulusan Luar Negeri
Hendi Soroti Banyak ASN Takut Terlibat Dalam Proses Pengadaan

"Mari hari ini kita kembali melihat Trisakti Bung Karno, dimana salah satunya menekankan tentang berdikari dalam ekonomi untuk mewujudkan cita - cita kemerdekaan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Karena dengan berdikari atau mandiri secara ekonomi, tidak akan ada pihak lain yang bisa mempengaruhi kita bangsa Indonesia," kata Hendi.

Hendi pun menceritakan bagaimana Indonesia pernah mengalami krisis moneter tahun 1998 karena terpengaruh krisis ekonomi Asia. Sebaliknya, saat terjadi pandemi covid-19, ekonomi Indonesia cenderung stabil di tengah ancaman krisis ekonomi global dan mampu cepat pulih.

"Hal itu terjadi karena saat ini usaha mikro, kecil, dan koperasi menjadi penyangga ekonomi utama. Ekonomi tidak hanya dikendalikan oleh segelintir orang seperti sebelumnya," papar mantan Walikota Semarang dua periode tersebut.

Untuk itulah Hendi terus mendorong agar semangat pemerataan ekonomi itu juga bisa maksimal diimplementasikan dalam proses pengadaan barang / jasa di Indonesia. 

"Inilah pentingnya saat ini kita berpihak pada produk dalam negeri dan produk usaha mikro, kecil, dan koperasi di dalam menjalankan proses pengadaan barang/jasa," tegasnya.

Secara khusus Hendi pun meminta agar pemerintah daerah yang ada di Jawa Tengah untuk cermat menerapkan inovasi pengadaan, sehingga pelaku usaha dalam negeri dan pelaku UMK- Koperasi di wilayah masing - masing bisa berdaya. 

"Sebagai contoh panjenengan bisa lakukan inovasi pemaketan dengan 'Supplied by Owner' untuk pelaku usaha lokal bisa lebih maksimal terlibat," terangnya.

Di sisi lain, Hendi juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah secara maksimal membelanjakan anggarannya untuk produk dalam negeri atau produk usaha mikro, kecil, koperasi. Dia menyebut  pemerintah daerah yang belum maksimal tidak perlu malu belajar dari pemerintah daerah yang sudah berhasil.

***

tags: #kepala lkpp #hendrar prihadi #pengadaan barang dan jasa #jawa tengah

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI