Gudang Tabung Gas Elpiji di Grobogan Dilalap Api, Dua Motor dan Dua Rumah Ludes Terbakar

Beberapa tabung gas ukuran tiga kilogram bahkan sempat terpental ke sawah sejauh lebih dari 15 meter.

Sabtu, 02 Desember 2023 | 11:21 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Grobogan - Sebuah gudang tabung gas elpiji di Desa Belor, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, dilanda kebakaran pada Jumat (1/12/2023) petang. Akibat kebakaran tersebut, dua rumah dan dua unit motor ludes terbakar.

Kejadian tersebut sempat tereka video amatir warga sekitar. Dalam rekaman tersebut, terlihat kobaran api yang membesar di area gudang tabung gas. Peristiwa kebakaran hebat ini terjadi saat aktivitas para pekerja gudang tabung gas masih berlangsung.

BERITA TERKAIT:
Gudang Tabung Gas Elpiji di Grobogan Dilalap Api, Dua Motor dan Dua Rumah Ludes Terbakar
Bongkar Kasus Gas Oplosan, Polisi Sita Ratusan Tabung Elpiji
SMP Muhammadiyah Dilahap Si Jago Merah, Ibu dan Anak Umur 3 Tahun Jadi Korban
Curi 56 Tabung Gas di Jepara, Tiga Pria Terancam Penjara 9 Tahun
Seorang Pria di Karangnyar Salahgunakan LPG Subsidi, Raup Keuntungan Rp40 Juta

Warga sekitar mengaku kaget dan panik ketika mendengar suara ledakan dari gudang tersebut yang terjadi berkali-kali, baik kecil maupun besar.   

Beberapa tabung gas ukuran tiga kilogram bahkan sempat terpental ke sawah sejauh lebih dari 15 meter. Para petani yang tengah berada di sawah langsung menjauh dari lokasi gudang tabung gas

Sarwono yang rumahnya berjarak 1,5 kilometer mengaku mendengar suara ledakan keras dan mengerikan berulang kali. Namun, warga tidak berani mendekat karena takut tersambar atau terkena lemparan tabung gas yang meledak. 

"Enggak tahu awalnya. Tahu-tahu api sudah besar. Ledakan kecil banyak. Tapi yang besar sekali," katanya.  

Sementara itu, angin yang cukup kencang disertai semburan gas dari ribuan tabung gas berbagai ukuran membuat kobaran api semakin besar. Api yang melalap gudang langsung menyambar dua buah sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan tak jauh dari lokasi kebakaran

Selain itu, kobaran api dari gudang juga merembet ke dua rumah warga dan satu di antaranya milik Nuryasah ludes terbakar. Penghuni rumah kemudian berlarian menjauh dan menyelamatkan diri.

Satu unit pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berusaha memadamkan titik api. Namun petugas mengalami kesulitan karena besarnya semburan gas dari ribuan tabung yang menumpuk di dalam gudang.  

Hingga Jumat malam, petugas menambah tiga unit armada pemadam kebakaran. Beruntung, hujan deras turun di saat api berkobar, sehingga proses pemadaman menjadi semakin lebih cepat. Dua jam kemudian, api berhasil dipadamkan.  

Kepala Dusun Belor, Solikin mengaku tidak ada satu pun warga belor yang mengetahui penyebab kebakaran. Pihak desa juga belum meminta keterangan kepada karyawan yang masih bekerja saat peristiwa terjadi karena situasi yang belum memungkinkan.  

"Gudang ini sudah ada 1,5 tahun. Tapi kami enggak tahu milik siapa. Sebab, belum pernah ada laporan terkait pendirian gudang ini," katanya.  

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Namun dugaan sementara kebakaran terjadi akibat kebocoran tabung gas

Pihak desa hingga saat ini masih menunggu kedatangan pemilik gudang untuk dimintai keterangan terkait penyebab kebakaran dan meminta bukti izin pendirian dan operasional gudang tabung gas berskala besar tersebut.
 

***

tags: #tabung gas #elpiji #grobogan #terbakar #kebakaran

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI