Di Balik Kesan Menakutkan dan Menyeramkan, SEMARANGKER Ternyata Sering Lakukan Kegiatan Sosial

Selain melakukan investigasi ke tempat-tempat horor dan menyeramkan, mereka juga kerap mengadakan kegiatan sosial.

Senin, 04 Desember 2023 | 15:48 WIB - Ragam
Penulis: - . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Semarang - Semarangker atau singkatan dari "Semarang Angker" merupakan sebuah komunitas berisi orang-orang yang melakukan penelusuran ke tempat-tempat yang dianggap angker dan menyeramkan oleh sebagian masyarakat. Ini sesuai dengan slogannya, yakni "Memecah Mitos dan Menguak Misteri."

Komunitas "Semarangker" didirikan pada tanggal 13 Maret 2007 oleh Pamuji Yuono (Pamerado), Andik, dan Pakde Ari Songkel yang berawal dari obrolan panjang seputar hal ghaib, mistis, dan angker. Mereka kemudian berinisiatif mencari kebenaran terkait tempat yang dianggap horor dan mistis.

BERITA TERKAIT:
Satu Bayi di Panti Asuhan Bangetayu Kulon Semarang Tewas Tak Wajar
Sebar Kebaikan Peringati HBI Ke-74, Kemenkumham Jateng Gelar Bakti Sosial
ASTON Inn Pandanaran Semarang Ajak Anak Panti Asuhan Bethlehem Bala Keselamatan Rayakan Natal Bersama
Natal, Polda Jateng Gelar Baksos di Panti Asuhan dan Gereja
Nana Sudjana Berbagi Kasih kepada 97 Anak-Anak Panti Asuhan di Hari Natal 2023

Komunitas yang saat ini sudah berusia 17 tahun ini sering berpindah-pindah markas. Saat ini, mereka menetap di gedung UMKM Pasar Srondol, Potrosari II, Semarang.

Semua tempat horor di Indonesia, terutama 10 titik tempat angker di Semarang sudah dijelajahi semuanya. Bahkan, organisasi ini telah melanglang buana mencari tempat horor, mulai dari China, Jepang, Korea, hingga Amerika Serikat.

Dibalik semua kesan menakutkan dan menyeramkan itu, organisasi "Semarangker" ternyata mempunyai jiwa kemanusiaan yang tinggi. Selain melakukan investigasi ke tempat-tempat horor dan menyeramkan, mereka juga kerap mengadakan kegiatan sosial.

Sesuai dengan Visi dan Misi yang telah diusung, organisasi ini tidak ingin hanya sekedar menelusuri tempat-tempat  horor saja, namun ingin lebih bermanfaat lagi kepada masyarakat. 

"Jadi tahun ini kami sudah 17 tahun. Dari dulu saya selalu bilang bagaimana caranya Semarangker ini menjadi komunitas yang bermanfaat untuk masyarakat, itu aja," ujar Pamuji saat ditemui KUASAKATACOM, belum lama ini.

"Kadang-kadang kami melakukan kegiatan sosial, sesuai dengan tagline-nya Semarangker 'Mengasah Mata Hati Dengan Peduli dan Berbagi'. Kita kalahkan setan  hati kita, sehingga yang namanya egois, iri, dengki, tidak mau berbagi, itu otomatis setan masuk," tambahnya.

Komunitas ini sering mengunjungi panti sosial, panti jompo, anak yatim untuk melakukan kegiatan sosial.

"Kita ada kegiatan, mengunjungi panti jompo, anak yatim walaupun kita hanya sekedar memberikan satu bungkus mie, tapi bukan masalah mienya," tutur ketua komunitas Semarangker itu. 

Saat ini komunitas "Semarangker" telah memiliki jumlah anggota hingga 125 orang. Diharapkan selain terus menelusuri tempat-tempat mistis, organisasi ini dapat bermanfaat untuk masyarakat kota Semarang.


*Ditulis oleh wartawan magang KUASAKATACOM: Rahardian Haikal Rakhman.

***

tags: #panti asuhan #horor #mistis #kegiatan sosial #semarangker

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI