Jokowi Angkat Bicara Soal Pro dan Kontra Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

Tetapi, pemberian bantuan akan memprioritaskan masyarakat lokal.

Sabtu, 09 Desember 2023 | 14:43 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta - Kehadiran pengungsi Rohingya di Indonesia menuai pro dan kontra dari masyarakat. Presiden RI Joko Widodo pun buka suara mengenai hal ini.

Dikatakan Jokowi, pemerintah akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi Rohingnya. Tetapi, pemberian bantuan akan memprioritaskan masyarakat lokal.

BERITA TERKAIT:
Jokowi Resmikan Sembilan Ruas Jalan di Sulawesi Utara yang Habiskan Rp183 Miliar 
Lagi-lagi! Reshuffle Jokowi Jatuh di Rabu Pon, Apa Istimewanya? 
Dalam Setahun, Kekayaan Jokowi Melonjak Rp10 Miliar 
Purnawirawan TNI-Polri Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi dan Jokowi Dimakzulkan
Jokowi Nyoblos di TPS 10, Ngaku Belum Nonton Film "Dirty Vote"

"Bantuan kemanusiaan sementara kepada pengungsi akan diberikan dengan mengutamakan kepentingan masyarakat lokal," kata Jokowi dalam video singkat yang dirilis Sekretariat Presiden, Jumat (8/12/2023).

Terkait dengan kabar adanya aksi Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Jokowi mengatakan pihaknya akan menindak tegas para pelaku dan akan terus berkoordinasi dengan organisasi internasional untuk mengatasi hal ini.

"Saya memperoleh laporan mengenai pengungsi Rohingya yang semakin banyak yang masuk ke wilayah Indonesia, terutama provinsi Aceh, terdapat dugaan kuat ada keterlibatan jaringan TPPO dalam arus pengungsian ini," kata Jokowi.

Seperti diketahui, warga Aceh melakukan penolakan terhadap pengungsi Rohingya yang mencapai 1.487 orang. Penolakan ini didasari karena pengungsi tidak menjaga kebersihan, hingga daerah itu tak lagi memiliki tempat penampungan.

Kementerian Luar Negeri menuturkan Indonesia secara aturan tidak memiliki kewajiban untuk menampung para pengungsi. Kebijakan Indonesia dalam menampung pengungsi memang kerap disalahgunakan.

Setidaknya kini sudah ada enam gelombang pengungsi Rohingya tiba di Aceh dengan total hampir 1.000 imigran.

***

tags: #jokowi #rohingya #tppo #pro dan kontra

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI