Membanggakan, Wakil Indonesia Raih Medali Emas Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023

Diajeng memastikan diri menjadi yang terbaik setelah mengalahkan pecatur Filipina Ma Elayza Villa.

Minggu, 10 Desember 2023 | 11:22 WIB - Olahraga
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Sabah - pecatur Indonesia Master Fide Wanita (MFW) Diajeng Teresa Singgih berhasil menyabet gelar juara kelompok putri Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 yang berlangsung di Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Diajeng memastikan diri menjadi yang terbaik setelah mengalahkan pecatur Filipina Ma Elayza Villa pada akhir pekan ini. Kemenangan itu membuat Diajeng mengemas total 7,5 poin dari sembilan babak yang dimainkan.

BERITA TERKAIT:
Membanggakan, Wakil Indonesia Raih Medali Emas Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023

Berdasarkan statistik resmi kejuaraan catur junior tersebut, poin 7,5 yang diraih Diajeng sama dengan poin yang diraih pecatur Mongolia MFW Boldbaatar Antaltuya sehingga pemenang ditentukan melalui penghitungan tie-break kedua Buchholz. Berdasarkan penilaian ini Diajeng unggul 0,5 poin (45 banding 44,5).

Sebagai juara, Diajeng langsung mendapat gelar Master Internasional Wanita (MIW) atau naik setingkat dari gelar MFW yang disandang sebelumnya. Tak hanya itu, adik kandung Master Internasional (MI) Irene Kharisma ini juga mendapat satu norma Grand Master Wanita (GMW).

Sementara itu di bagian putra, Indonesia juga menempatkan satu pecatur di panggung juara, yaitu IM Aditya Bagus Arfan yang berada di peringkat ketiga seusai mengalahkan pecatur tuan rumah Nirish Kumar Siva Kumar di babak terakhir.

Adapun juara di kelompok putra adalah IM Daniel Quizon dari Filipina dan peringkat kedua adalah FM Munkdalai Amilal dari Mongolia yang pada babak terakhir ditahan remis pecatur Pelatnas Junior Indonesia CM Fabian Glen Mariano. Fabian sendiri mengumpulkan 6,5 poin dan berada di peringkat keempat.

Untuk kelompok putra, Kejuaraan Catur Junior Asia Timur 2023 yang berlangsung di Kinabalu, Sabah, Malaysia itu diikuti 39 pecatur dari delapan negara, sedangkan di kelompok putri diikuti 21 peserta dari 10 negara.

***

tags: #pecatur #indonesia #meraih juara nasional #diajeng teresa singgih #malaysia

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI