Pemprov Jateng Serahkan Uang Kerohimanan Pada Warga Terdampak Jalan Tol Semarang-Demak

Sumarno Jateng mengapresiasi warga penerima uang kerohiman yang telah ikut berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan Tol Semarang-Demak. 

Kamis, 14 Desember 2023 | 17:23 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Pemrov Jateng menyerahkan uang kerohiman kepada warga terdampak pembangunan jalan tol Semarang-Demak. Uang tersebut diberikan kepada warga yang tanahnya digunakan untuk pembangunan jalan tol Semarang-Demak Seksi 1 (Semarang-Sayung). 

Penyerahan uang itu dilakukan secara simbolis oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno kepada 15 warga yang terdampak pembangunan tersebut di  Kantor Kecamatan Genuk, Kota Semarang, Kamis, 14 Desember 2023. 

BERITA TERKAIT:
Pj Gubernur Jateng Serahkan Bantuan Keuangan Lintas Sektor di Wonosobo Senilai Rp160 miliar
Nana Sudjana Pastikan Persediaan Pangan dan Energi di Jateng Aman Selama Lebaran
Tahun 2024, Target Penerimaan Zakat ASN Pemprov Jateng Capai Rp100 Miliar
Sejak 2021-2023 Pemprov Jateng Telah Bangun  Rp1,7 Unit Rumah untuk Warga Kurang Mampu 
Sumarno: Pemprov Jateng Dorong Peningkatan Cakupan Kepersertaan Jamsostek Untuk Pekerja Rentan

Sumarno Jateng mengapresiasi warga penerima uang kerohiman yang telah ikut berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan Tol Semarang-Demak. 

Sebab, jalan tol tersebut selain memperlancar arus lalu lintas di jalur Pantai Utara Jawa, juga berfungsi sebagai penahan rob yang kerap menerjang wilayah bagian utara Semarang dan Demak.

"Kami berterima kasih sekali kepada warga yang tanahnya terdampak dan bersedia menerima kerohiman,” kata dia. 

Ia berharap, uang kerohiman itu bisa dimanfaatkan untuk investasi produktif. Sebab, sebagian besar tanah warga penerima kerohiman sebelumnya berupa tambak ikan, kemudian sekarang kondisinya sudah tidak dapat menghasilkan lagi akibat terkena rob. 

Sementara itu, Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY, Galih Baskara Aji mengatakan, pembangunan jalan tol Semarang - Demak merupakan salah satu proyek stategis nasional. 

Tujuan pembangunan ini antara lain memperlancar arus logistik di pantura Jawa, utamanya Semarang - Demak dan sebaliknya, sekaligus untuk menangani banjir dan rob yang kerap terjadi di wayah tersebut.

"Beberapa waktu lalu kita sudah mengoperasikan Tol Semarang-Demak Seksi 2 dan saat ini dilanjutkan dengan pembangunan Seksi 1 bersamaan dengan penyediaan lahan," katanya.

Galih mengatakan, uang kerohiman diberikan kepada 36 bidang yang berada di Kelurahan Trimulyo dan Terboyo Wetan, Kecaman Genuk. 

Selain penyerahan uang kerohiman, pihaknya berharap dukungan dari semua pihak untuk percepatan pembangunan Seksi 1, sehingga dapat mengurai kepadatan lalu lintas serta dapat mengatasi rob di Kota Semarang. 

***

tags: #pemprov jateng #warga terdampak #pembangunan #jalan tol #sekda

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI