Nana Sudjana Tekankan Pentingnya Peran Ibu dalam Penurunan Stunting

Menyelesaikan persoalan stunting itu penting.

Kamis, 21 Desember 2023 | 09:03 WIB - Kesehatan
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang– Penjabat (Pj) Gubernur Jeteng, Nana Sudjana mengatakan, para ibu memiliki peran penting dalam upaya menurunkan angka prevalensi stunting di wilayahnya. Nana menyampaikan itu saat menghadiri Peringatan Hari Ibu ke - 95 tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, Rabu (20/12/2023). 

Nana menilai momentum Hari Ibu itu, menjadi momentum yang tepat untuk ikut berupaya menurunkan angka stunting. Sebab, saat ini angka stunting di Jateng masih sebesar 20,8%. 

BERITA TERKAIT:
Pemkab Boyolali Peringati Hari Ibu dengan Gelar Talkshow Tentang Perempuan Peduli Stunting
Peringati Hari Ibu, Manajemen Hotel Grand Dian Bumiayu Beri Bingkisan untuk Tamu Khusus Ibu-ibu
Jelang Debat Cawapres, Mahfud MD Rayakan Hari Ibu dengan Istri Tercinta 
Sejarah Peringatan Hari Ibu: Mengapa Ditetapkan Tanggal 22 Desember?
Peringati Hari Ibu, Pemkab Klaten Gelar Pengajian Akbar bersama Nyai Nurul Syamsiyah

Pemprov Jateng, kata Nana akan serius melakukan upaya penurunan stunting di wilayahnya. Apalagi, pada 2024 pemerintah pusat menargetkan angka stunting turun menjadi 14%. 

 Menurut dia, penurunan stunting ini bukan hanya tugas pemerintah daerah, tapi juga perlu kolaborasi dengan banyak stakeholder untuk sama-sama mengatasinya. 

“Kalau hanya dari pemda sendiri, kami yakin  tidak akan mampu mencapai target," tuturnya.

Oleh karena itu, Nana mengajak mengajak kaum ibu untuk bisa bekerja sama menurunkan angka stunting. Semua kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya ini diharapkan bisa berkoordinasi dengan 
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 

“Jadi memang perlu ada kebersamaan. Saya yakin, dengan kita bersama, masalah stunting ini akan mampu kita atasi," paparnya. 

Nana menambahkan, pihak-pihak lain juga bisa digandeng untuk menangani stunting, seperti TNI dan Polri. Lembaga tersebut bisa dilibatkan untuk memasifkan sosialisasi dan edukasi. 

Menurut dia, menyelesaian persoalan stunting ini penting, supaya mampu menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.  

***

tags: #hari ibu #nana sudjana #penurunan stunting #bkkbn #pemprov jateng

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI