PT KAI Daop 4 Semarang Siaga Angkutan Nataru selama 18 Hari

Angka tersebut meningkat dari program sebelumnya yang 17.402 tempat duduk per hari.

Jumat, 22 Desember 2023 | 09:54 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, Semarang - PT Kereta Api Indonesia (Persero) secara serentak memulai masa posko Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai Kamis 21 Desember 2023. posko akan dilaksanakan selama 18 hari yang terhitung sampai dengan Minggu 7 Januari 2024.

Dimulainya masa posko Angkutan Natal dan Tahun Baru di wilayah Daop 4 Semarang ditandai dengan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Kamis (21/12) dengan diikuti oleh internal KAI serta petugas gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri.

BERITA TERKAIT:
Masa Libur Sekolah, KAI Semarang Operasikan 759 Perjalanan Kereta
Libur Panjang IdulAdha 2024, KAI Semarang Layani 225 Ribu Penumpang Kereta
Masa Libur Idul Adha, KAI Daop 4 Semarang Siapkan 98 Ribu Tempat Duduk
Mulai 1 Juni, KA Banyubiru Layani Naik Turun Penumpang di Stasiun Telawa Boyolali
Kereta di Pemalang Dilempar Batu, KAI Ingatkan soal Ancaman Penjara

Kepala PT KAI Daop 4 Semarang, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan bahwa seluruh Insan KAI akan melaksanakan posko Agkutan Nataru untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat dan pelanggan kereta api dengan menitikberatkan keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kelancaran perjalanan kereta api.

“Dengan dimulainya posko ini, KAI telah menyiapkan segala aspek untuk terwujudnya perjalanan kereta api yang aman serta liburan nyaman kepada seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi kereta api,” ungkap Daniel, dalam keterangan tertulis, Jumat (22/12).

Kesiapan dan strategi Daop 4 Semarang dalam menghadapi posko Nataru mencakup pelaksanaan kegiatan Ramp Check yaitu pemeriksaan kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) dan keselamatan baik sarana perkeretaapian maupun stasiun di wilayah Daop 4 Semarang oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Selanjutnya juga telah dilaksanakan inspeksi bersama stakeholder menggunakan Kereta Inspeksi oleh Manajemen Daop 4 Semarang dengan memeriksa seluruh kondisi prasarana yang meliputi keandalan jalur rel KA, persinyalan, fasilitas pelayanan di stasiun, pemeriksaan daerah rawan, serta pemeriksaan kesiapan dan kesehatan para petugas di lapangan.

Dari aspek sarana, Daop 4 Semarang telah mengoptimalkan seluruh armadanya (16 lokomotif dan 133 kereta) yang digunakan untuk 33 KA keberangkatan awal dari Daop 4 Semarang dengan kapasitas berjumlah 322.488 tempat duduk atau rata-rata 17.916 tempat duduk per harinya. Angka tersebut meningkat dari program sebelumnya yang 17.402 tempat duduk per hari.

Dari aspek SDM, KAI Daop 4 Semarang menyiapkan 2.777 personil untuk melayani pelanggan dan memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan kereta api khususnya di peak season ini.

***

tags: #pt kai daop 4 semarang #nataru #posko #apel gelar pasukan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI