Jelang Debat, Gibran Ngetwit "Samsul"! Apa Maknanya? 

"Ayo samsul. Pak samsul, keluarkan bakatmu, ayo. Ayo, keluarkan bakatmu dalam debat nanti," ujar Masinton

Jumat, 22 Desember 2023 | 10:56 WIB - Politik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tiba-tiba menjadi perbincangan usai bercuit di akun X (Twitter). Gibran menulis "samsul", Rabu (20/12) hingga membuat publik ambigu dengan maksud dari kata tersebut. 

Postingan ini pun mendapat banyak komentar dari warganet. Istilah 'samsul' memang tengah ramai di media sosial. Salah satu keramaian terkait 'samsul' yakni beredarnya video politikus PDIP Masinton Pasaribu yang menyebut 'samsul'.

BERITA TERKAIT:
Kuatkan Keamanan Ekonomi Digital, Gibran Ingin Generasi Muda Ikut Andil
Jelang Debat, Gibran Ngetwit "Samsul"! Apa Maknanya? 
Gibran Punya Pengalaman Debat, Mahfud dan Cak Imin Tidak 
Pendukung Prabowo-Gibran Mulai Padati Jalan Depan Kantor KPU RI Rabu Pagi
Antisipasi Bencana Kemarau, Pemkot Surakarta Lakukan Sejumlah Langkah

Dalam unggahan itu, Masinton tengah bersama Wakil Komandan Relawan TKN Prabowo-Gibran, Immanuel Ebenezer atau Noel, dan juru bicara Timnas AMIN, Mustofa Nahrawardaya. Mereka ditanya pesan untuk debat cawapres pada Jumat (22/12).

Ketiga politikus itu memberikan pesannya untuk debat cawapres nanti. Masinton memberikan pesan dan semangat kepada 'samsul'.

"Ayo samsul. Pak samsul, keluarkan bakatmu, ayo. Ayo, keluarkan bakatmu dalam debat nanti," ujar Masinton memberikan pesan semangat kepada 'samsul'.

Masinton Pasaribu mengungkapkan asal usul 'samsul' yang tengah ramai dibahas karena video viralnya. Masinton mengatakan tahu 'samsul' juga dari perbincangan warganet.

"Saya tahunya setelah membaca dari berbagai platform sosial media percakapan netizen tentang belimbing sayur dan 'samsul' yang sedang ramai dibahas," kata Masinton kepada wartawan, Kamis (21/12).

Masinton menyatakan istilah 'samsul' berasal dari kata asam sulfat. Kata asam sulfat ini ramai karena ucapan Gibran Rakabuming Raka yang mengakui dia keliru menyebut asam folat menjadi asam sulfat.

"Belimbing sayur itu oleh netizen memiliki karakter asem, kecut dan karakternya mudah rontok. Sedangkan samsul itu oleh netizen adalah singkatan dari asam sulfat," ujar Masinton.

Asam sulfat atau yang kini disebut 'samsul' itu kemudian ramai diperbincangkan di media sosial. Masinton menangkap hal yang disebutnya sebagai kritik tersebut, kemudian mengekspresikannya dalam aksi menyemangati 'samsul'.

"Netizen itu adalah bagian dari suara publik yang menyampaikan opini dan kritiknya terhadap realita yang terjadi. Saya mengikuti opini dan kritik netizen dengan mengekspresikannya," ucapnya.

***

tags: #gibran rakabuming raka #samsul #cawapres #twitter

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI