Apa itu Hilirisasi Digital yang Disebut Gibran Saat Debat Cawapres?

"Kami akan lanjutkan hilirisasi. Bukan hanya hilirisasi tambang saja, tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain,"

Senin, 25 Desember 2023 | 13:13 WIB - Ekonomi
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Dalam debat cawapres, Jumat (22/12), Gibran Rakabuming Raka beberapa kali menyebut hirilisasi digital. 

"Kami akan lanjutkan hilirisasi. Bukan hanya hilirisasi tambang saja, tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain," ucap Gibran.

BERITA TERKAIT:
Soal Festival Kuliner non Halal Solo, Gibran Pasang Badan 
Gibran Tuai Kritikan Usai Bagi-bagi Buku Bersampul Jan Ethes 
Gibran Akui Punya Tim "Tak Terlihat" yang Bantu Menangkan Pilwalkot dan Pilpres 
Tutup Rakernas PDIP, Megawati Tak Mau Gegabah Tentukan Arah Politik
Sejumlah Artis Dipertimbangkan Masuk Kabinet Prabowo-Gibran, Ada Raffi Ahmad Sampai Ahmad Dhani 

Lalu apa itu hilirasi digital? Berikut penjelasannya: 

hilirisasi digital mengacu pada proses transformasi digital yang memungkinkan suatu industri atau sektor untuk menciptakan nilai tambah baru melalui integrasi teknologi digital dan inovasi dalam operasional, produk, atau layanan. hilirisasi digital berfokus pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing industri. Berikut adalah beberapa aspek penting dari hilirisasi digital:

1. Transformasi Operasional: Integrasi teknologi digital dapat mengoptimalkan proses operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi melalui otomatisasi, analisis data, dan teknologi cerdas.

2. Inovasi Produk dan Layanan: hilirisasi digital memungkinkan pengembangan produk dan layanan baru yang didukung oleh teknologi canggih, seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan blockchain.

3. Pengalaman Pelanggan: Dengan pemanfaatan teknologi digital, perusahaan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan melalui solusi digital, platform interaktif, dan layanan yang lebih personal.

4. Pengembangan Kapabilitas: hilirisasi digital membutuhkan pengembangan kapabilitas sumber daya manusia dalam hal keahlian digital, manajemen data, dan pemahaman tentang teknologi terbaru.

5. Kolaborasi dan Ekosistem: Dalam era digital, kolaborasi antara perusahaan, startup, institusi akademik, dan pihak-pihak lainnya menjadi kunci dalam menciptakan ekosistem inovasi yang mendukung hilirisasi digital.

6. Keamanan dan Privasi: Mengingat pentingnya data dalam era digital, aspek keamanan dan privasi menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan hilirisasi digital untuk melindungi informasi dan data pelanggan.

7. Regulasi dan Kebijakan: Pemerintah dan regulator memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung hilirisasi digital melalui regulasi yang progresif, insentif, dan kebijakan yang mendukung inovasi.

8. Infrastruktur Digital: Investasi dalam infrastruktur digital, seperti jaringan broadband, pusat data, dan teknologi cloud, menjadi kunci dalam mendukung hilirisasi digital.

***

tags: #gibran rakabuming raka #debat cawapres #hilirisasi digital

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI