Wapres Ma'ruf Amin Pantau Harga Sembako di Pasar Johar Semarang

Ada beberapa komoditas mengalami kenaikan harga.

Kamis, 28 Desember 2023 | 14:26 WIB - Ekonomi
Penulis: Holy . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Semarang - Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin melakukan pantauan harga sembako dan kebutuhan pokok di Pasar Johar Semarang, Jawa Tengah, Kamis (28/12/2023). 

Dalam kunjungannya, Wapres Ma'ruf Amin didampingi sang istri Wury Ma'ruf Amin, PJ Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. 

BERITA TERKAIT:
Pemkot Semarang Raih Prestasi 10 Kota dengan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Terbaik
Wisuda Program Doktor, Wali Kota Semarang Bagikan Tips Tuntaskan Pendidikan
Mbak Ita Dorong Pengusaha Segera Selesaikan Kewajiban Pembayaran THR ke Pekerja
Wali Kota Semarang Apresiasi Petugas Lapangan yang Tidak Libur saat Lebaran
Lepas 900 Peserta "Balik Kerja" BPKH, Walikota Semarang: Bermanfaat untuk Warga

Wapres sempat melakukan dialog dengan beberapa pedagang dan pembeli di Pasar Johar Semarang. Bahkan, Wury Ma'ruf Amin juga memborong beberapa komoditi kebutuhan pokok seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan kerupuk rambak. 

Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin mengatakan, saat kunjungan ke Pasar Johar memang ada kenaikan harga sejumlah komoditi, namun masih terhitung wajar.

"Memang ada kenaikan harga tapi bukan karena persoalan pasokan. Karena tadi saya tanya pedagang, pasokan memang cukup. Artinya betul-betul karena pengaruh Nataru dan itu sudah jadi kebiasaan," kata Ma'ruf Amin usai kunjungan. 

"Bahkan saya tanya pedagang, hal itu wajar. Naik turun harga saat hari besar," imbuhnya. 

Di tengah harga yang naik, Ma'ruf Amin juga menyoroti harga cabai yang sempat melambung naik, tapi kini mulai turun. 

"Bahkan tadi cabai itu justru turun. Dari harga Rp 90 ribu/kg jadi Rp 68 ribu/kg. Saya tanya PJ Gubernur, memang di sini, komoditi sayur murah, cabai, kentang, beras tercukupi surplus. Jadi tidak ada masalah pada urusan pasokan, " ujarnya. 

Ia mengingatkan pemerintah daerah agar terus melakukan pemantauan dan langkah antisipasi pasokan dan kebutuhan masyarakat. 

"Lebaran nanti harus diantisipasi, begitu juga kenaikan-kenaikan harga atau inflasi.Memang tadi ada yang cerita Pasar Johar kurang ramai pengunjungnya, ya itu karena memang pasar baru setelah kebakaran. Harus ada trik trik dari Pemerintah Daerah agar pengunjung masuk ke situ semakin banyak, " tutupnya. 

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, dari pantauan yang dilakukan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memang ada beberapa komoditas pangan yang harganya naik. 

"Tadi sudah dipantau oleh bapak Wapres, jadi memang harga-harga naik tapi masih di kisaran HET (Harga Eceran Tertinggi). Kalau pun naik, karena memang masih momen Nataru. Yang pasti masih ada barang dan stoknya tersedia cukup," ujar Mbak Ita, sapaan akrabnya usai mendampingi Wapres RI Ma'ruf Amin meninjau Rumah Pelita. 

"Alhamdulillah cabai juga sudah turun jadi Rp 68 ribu/kg, sehingga kita harapkan setelah Nataru ini bisa turun semua," tandas dia.

***

tags: #wali kota semarang #wakil presiden #pasar johar #kebutuhan pokok #nana sudjana

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI