Arus Balik Nataru, Wakapolda Jateng: One Way dan Contra Flow Belum Perlu

Kapasitas dan volume kendaraan masih bisa dikendalikan sehingga skenario one way dan contra flow belum perlu dilakukan.

Senin, 01 Januari 2024 | 08:21 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Semarang - Wakapolda Jateng Brigjen Agus Suryo Nugroho menyebut one way dan contra flow belum diperlukan saat arus balik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Sebab, volume Kendaraan nataru tak sebanyak arus mudik dan balik lebaran. 

"Baru mencapai 50 ribu kendaraan dibanding 90 ribu kendaraan saat lebaran kemarin. Kapasitas dan volume kendaraan masih bisa kita kendalikan sehingga skenario one way dan contra flow belum perlu dilakukan," ujar Agus saat pantauan Pos Pelayanan Terpadu di Simpang Lima bersama Forkopimda Kota Semarang, Minggu malam (31/12/2023) 

BERITA TERKAIT:
Tepat Pukul 15.00 WIB, One Way Arus Balik Diberlakukan dari Kalikangkung Semarang ke Cikampek
Polri Evaluasi Conta Flow Arus Balik Buntut Kecelakaan Maut di Tol Japek
Arus Balik Nataru, Wakapolda Jateng: One Way dan Contra Flow Belum Perlu

Meski demikian pihaknya akan mengantisipasi puncak arus balik tahun yang diperkirakan terjadi pada tanggal 1 s/d 2 Januari 2024. Diperkirakan sebanyak 40 ribu kendaraan akan melintasi di Tol wilayah semarang.

"Untuk tol masih lancar, konsentrasi kami ada di rest area yang menuju Jakarta, kalau di Semarang di KM 424," ungkapnya. 

Sebagai antisipasi jumlah pengunjung rest area di tengah keterbatasan tempat parkir kendaraan, pihaknya akan memberlakukan buka tutup di sejumlah rest area yang menuju Jakarta.

"Kita bersyukur sejauh ini di Jawa Tengah tidak ada kejadian menonjol terkait mudik Natal dan tahun baru. Kami mohon doa restu seluruh masyarakat semoga Jawa Tengah tetap aman," terang dia. 

Terkait pantauan perayaan malam tahun baru di wilayah Semarang, Wakapolda melihat antusiasme masyarakat lebih tinggi dibanding sebelumnya. 

Berdasarkan pantauan, meski di Kota Semarang diguyur hujan sejak sore hari, namun di sejumlah titik terjadi kepadatan aktivitas masyarakat yang merayakan malam tahun baru.

***

tags: #contra flow #wakapolda jateng #one way #arus balik #natal

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI