21.978 Warga Palestina Tewas akibat Serangan Israel

Jumlah korban luka juga mengalami penambahan menjadi 56.697 orang.

Selasa, 02 Januari 2024 | 17:09 WIB - Internasional
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Gaza - Sebanyak 21.978 warga Palestina tewas akibat konflik Israel-Hamas seja 7 Oktober 2023 hingga sekarang. Hal tersebut menurut catatan Kementerian Kesehatan Palestina pada Senin (1/1/2024).

Dalam pernyataan pers, juru bicara kementerian Ashraf al-Qedra mengatakan bahwa dalam 24 jam terakhir serangan Israel telah menewaskan 156 warga Palestina dan melukai 246 lainnya.

BERITA TERKAIT:
TIM DVI Mabes Polri Ungkap Identitas 11 Jenazah Korban Kecelakaan KM 58
Percepat Proses Identifikasi, Polisi Pindahkan 11 Jenazah Korban Kecelakaan Tol Japek ke RS Polri
Update Longsor di Bandung, Jumlah Korban Jiwa Bertambah Jadi Empat Orang
Tiga Warga Bogor Tertimbun Longsor, Tim Gabungan Lakukan Evakuasi Korban
Polisi Tangkap Pelaku Tawuran yang Tewaskan Satu Lawan

Jumlah warga Palestina yang tewas selama konflik kini menjadi 21.978 jiwa dan jumlah korban luka menjadi 56.697 orang, menurut al-Qedra.

Serangan Israel juga telah menewaskan 326 tenaga medis dan membuat 30 dari 35 rumah sakit di Jalur Gaza berhenti beroperasi, lanjutnya.

Al-Qedra meminta organisasi-organisasi internasional untuk melindungi sistem perawatan kesehatan dan para personelnya di Jalur Gaza.

Dia juga mengatakan bahwa kementeriannya sedang melakukan pembicaraan dengan sejumlah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membuka kembali pusat-pusat kesehatan di berbagai wilayah di daerah kantong Palestina itu.

Dia menekankan perlunya mengirim tim medis dan rumah sakit lapangan ke Jalur Gaza untuk memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan yang sangat besar.

Lebih lanjut al-Qedra mengkritik mekanisme yang berlaku bagi warga Palestina yang terluka untuk menerima perawatan di luar Jalur Gaza, seraya mengungkapkan bahwa sejauh ini hanya 645 korban cedera yang dapat melakukannya, yang mencakup satu persen dari total populasi yang membutuhkan perhatian medis.

***

tags: #korban #tewas #palestina #bertambah #israel

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI