Resolusi Kim Jong Un Tahun 2024, Perintahkan Militer untuk Serang AS dan Korsel Jika Terprovokasi

Korea Utara telah meningkatkan retorika serangan sebagai tanggapan terhadap perluasan latihan militer Amerika Serikat.

Kamis, 04 Januari 2024 | 14:57 WIB - Internasional
Penulis: - . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Seoul – Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, menyatakan resolusi tahun 2024 di pertemuan malam tahun baru dengan perwira tinggi Korea Utara di Pyongyang pada Senin (1/1/2024). 

Dalam pertemuan tersebut, ia menyampaikan kepada pasukan militernya untuk memusnahkan Korea Selatan dan Amerika Serikat jika terus terprovokasi. Selain itu, ia menyatakan janji untuk meningkatkan pertahanan nasional di negara tersebut.

BERITA TERKAIT:
Korea Utara Terbangkan 90 Balon Berisi Sampah dan Kotoran ke Perbatasan Korsel
Di Korut Orang Nonton Drakor Bisa Dihukum Mati, Ini Kesaksian Mengerikan dari Mantan Warganya
Resolusi Kim Jong Un Tahun 2024, Perintahkan Militer untuk Serang AS dan Korsel Jika Terprovokasi
Tangisan Kim Jong Un, Mohon Para Wanita Korut Hamil dan Punya Banyak Anak 
Meski Takluk dari Korut, Timnas Indonesia U-24 Tetap Lolos ke Fase 16 Besar Asian Games

Selama beberapa bulan terakhir, Korea Utara telah meningkatkan retorika serangan sebagai tanggapan terhadap perluasan latihan militer Amerika Serikat (US) dan Korea Selatan.

Menurut para ahli, diperkirakan Kim akan meningkatkan retorika dan uji senjata, sebab ia mungkin yakin bahwa ia dapat memanfaatkan ketegangan yang meningkat untuk merebut konsensi AS apabila mantan presiden AS sebelumnya, Donald Trump berhasil menang dalam pemilihan presiden AS di bulan November mendatang.

Pada minggu lalu, dalam pertemuan partai yang berkuasa selama 5 hari. Pemimpin tertinggi Korea Utara itu menyampaikan, akan meluncurkan tiga satelit mata-mata militer lagi.  Ditambah memproduksi lebih banyak bahan nuklir serta mengembangkan pesawat tanpa awak (Drone) tahun ini.  Menurut para pengamat, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengaruhnya dalam diplomasi masa depan dengan AS.

Selanjutnya, pada pertemuan hari Minggu (31/12) dengan para komandan militer, ia berujar sangat penting untuk menjaga keamanan nasional yang merujuk pada program senjata nuklir negaranya.

Lalu, Kim memberikan penekanan bahwa “tantara kita harus memberikan pukulan mematikan untuk memusnahkan mereka sepenuhnya dengan memobilisasi semua cara dan potensi terberat tanpa ragu-ragu,” ujarnya.

Sumber:CTV NEWS

*Ditulis oleh wartawan magang KUASAKATACOM: Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #korea utara #amerika serikat #kim jong un

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI