Dandim Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto SE MSi bersama Prof Jiun menyalurkan Mikroba PA63 Garuda 0713  kepada sejumlah petani di Dukuh Cecek Desa Rengaspendawa, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Kamis (4/1/2024). Foto. Eko S/kuasakata.com

Dandim Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto SE MSi bersama Prof Jiun menyalurkan Mikroba PA63 Garuda 0713 kepada sejumlah petani di Dukuh Cecek Desa Rengaspendawa, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Kamis (4/1/2024). Foto. Eko S/kuasakata.com

Petani di Desa Rengaspendawa Terima Mikroba PA63 Garuda 0173 dari Dandim Brebes

Dukuh Cetek sebelumnya mengalami kekeringan.

Kamis, 04 Januari 2024 | 19:10 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes -  Sejumlah petani di Dukuh Cecek Desa Rengaspendawa, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menerima bantuan cairan Mikroba PA63 Garuda 0713 dalam kemasan botol dan jerigen. Dandim 0713/Brebes, Letkol Infanteri Sapto Broto SE MSi  secara langsung mengucurkan bantuan obat pertanian tersebut dan diserahkan kepada petani penerima, Kamis (4/1/2204). 

Melalui Tema "Tangan Tuhan Menuju Brebes Berhias" Dandim dan ASGAS RI melalui Prof Jiun (Iman Untung Slamet) Penggagas Tanaman Seluruh Indonesia Pembuat Mikroba PA63 Garuda 0713 menemui sejumlah petani dan mendengarkan berbagai keluhan dan unek-unek yang menjadi kendala para petani bawang merah khususnya di Dukuh Cecek.

BERITA TERKAIT:
Akses Jembatan Gantung Merah Putih 3 Dibuka, Warga Dukuh Cisa'at tak lagi Terisolir
7 Kecamatan di Brebes Terendam Banjir
Jalin Sinergitas, Kalapas Brebes Kunjungi Dandim Sapto Broto
Petani di Desa Rengaspendawa Terima Mikroba PA63 Garuda 0173 dari Dandim Brebes
Dandim Brebes Canangkan Gerakan Gotong Royong Tangan Tuhan Menuju Brebes Berhias

Sebelumnya Dukuh Cecek mengalami kekeringan lahan di musim kemarau panjang hingga akhir tahun 2023. Sehingga melalui Ketua Poktan H. Haris mendengar adanya Gerakan Tangan Tuhan Kodim 0713 Brebes tentang penyuburan tanah dengan cara penyemprotan cairan Mikroba.

Alhasil, Kodim 0713 Brebes terjun langsung dipimpin Dandim membagikan Mikroba PA63 Garuda 0713 di Dukuh Cecek sebanyak 5 ribu liter.

"Melalui program Tangan Tuhannya berusaha membantu kesulitan rakyat, seperti sekarang ini terjadi kekeringan lahan di sawah. Untuk itu dengan temuan Mikroba PA63 Garuda 0713 nantinya bisa membantu hasil pertanian para petani khususnya di Brebes," ucap Dandim.

Prof Jiun selaku Penggagas Mikroba PA63 Garuda 0713 mengatakan "Ora Jare Jare, Yen Sampeyan Ngandel, Kiye Wis Ana Petani Sing Wis Nglakokna Nyiram Bawang Nganggi Mikroba PA63 Garuda 0713" (Tidak ada kata bohong, kalau tidak percaya, ini sudah ada petani bawang merah yang sudah menyiram atau semprot menggunakan mikroba," tandas  Prof Jiun sapaan akrabnya.

Sementara Mustofa (60) warga Desa Sidamulya, Kecamatan Wanasari,  yang sudah menggunakan Mikroba PA63 Garuda 0713 merasa senang, karena tanaman bawang merahnya tumbuh subur, di mana sebelumnya mengalami kekeringan (menguning), setelah di semprot mikroba, di usia 26 hari, bawangnya menghijau dan subur walau tidak ada air di selokan.

"Alhamdulillah tanaman bawang saya subur hijau, awalnya saya ragu, namun saya mencoba di awal penyemprotan masih seperti biasa pertumbuhannya, setelah hari ketiga, daun bawang menghijau dan berdiri tegak, usia sekarang sudah 26 hari, saya baru semprot 5 kali," kata Mustofa.

Dibandingkan dengan bawang dilahan sebelahnya, Mustofa merasa bersyukur karena tanaman bawangnya tumbuh hijau.

***

tags: #kodim 0713 brebes #bawang merah #kabupaten brebes #pertanian

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI